Home / BIZTRIPS  / Kurang Tidur Membuat Performa Anda Turun? Coba Power Nap

Kurang Tidur Membuat Performa Anda Turun? Coba Power Nap

CorporateTravel.ID – Apakah Anda adalah orang yang selalu berpindah dari satu penerbangan ke penerbangan, dari satu presentasi ke presentasi, dan dari meeting ke meeting? Atau Anda bekerja pada di kantor pada pagi hari dan  malam harinya Anda mengerjakan start-up pribadi sehingga membuat Anda hanya memiliki sedikit waktu tidur? Jika iya kekurangan tidur kadang menjadi masalah tersendiri untuk Anda.

 

Tidur penting untuk Anda, apabila Anda kurang tidur maka tubuh selalu terasa lelah, konsentrasi menurun dan tidak dapat berpikir jernih. Efek samping lainnya adalah imun Anda mudah turun sehingga Anda mudah terserang penyakit seperti flu dan radang tenggorokan. Untuk Anda yang selalu mobile dan bekerja, hal ini tentu mengganggu pekerjaan Anda.

 

Namun bagaimana caranya Anda  bisa tidur jika Anda hanya memiliki waktu yang sedikit untuk tidur?

 

Mungkin Anda bisa mencoba power nap? Teknik tidur yang sudah sering digunakan oleh mereka yang super sibuk dan memiliki sedikit waktu tidur serta mereka yang memiliki gangguan tidur. Power nap adalah tidur siang dengan jangka waktu 20 – 30 menit, setelah itu bangun dengan badan yang segar dan pikiran yang fokus sehingga siap bekerja kembali. Power nap sangat membantu mengatur ulang sistem tubuh, meredakan stres.

 

Manfaat Power Nap

Lamanya waktu Anda tidur siang mempengaruhi manfaat yang Anda dapatkan. Tidur selama 20-30 menit, membantu meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan melakukan kegiatan motorik. Sementara itu riset menunjukkan, jika Anda tidur siang sekitar 30 – 60 menit dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat, berpikir kreatif, atau pengambilan keputusan. Dan tidur  selama 90 menit membantu otak membuat sambungan baru sehingga meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kreatif. Ini membuat tidur siang menjadi cara yang lebih efektif dan lebih baik untuk men-recharge tenaga dibandingkan meminum kopi sehingga mengurangi kesempatan risiko terkena sakit jantung.

 

Tips Power Nap

Untuk mendapatkan tidur siang yang maksimal, coba gunakan beberapa tips berikut ini.

 

1.  Atur alarm di ponsel Anda sekitar 30 menit. Ini akan membantu Anda bangun tepat 30 menit sehingga tidak limbung saat bangun.

 

2. Carilah lokasi di mana Anda bisa menghistirahatkan tubuh Anda dengan nyaman. Sofa atau bangku panjang adalah tempat yang ideal untuk tidur siang. Posisi yang nyaman juga membantu Anda cepat terlelap.

 

3. Usahakan tidur di tempat gelap. Tempat gelap membantu Anda tidur dengan cepat. Jika tidak memungkinkan bawalah masker mata.

 

4. Coba gunakan white noise sebagai pengantar tidur. Suara ini membantu mengatur gelombang otak Anda menuju kondisi istirahat.

 

5. Gunakan selimut. Saat Anda tidur siang, suhu tubuh Anda menurun. Selimut membantu Anda tetap hangat.

 

6. Konsisten dengan jadwal tidur Anda. Jika Anda biasa tidur setelah makan siang, tetaplah lakukan itu di waktu yang sama esok harinya.

 

Power nap adalah solusi yang efektif bagi Anda yang super sibuk. Manfaatnya untuk mengembalikan konsentrasi dan meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan, menjadikan teknik ini wajib Anda gunakan di setiap sibuk. Jadi, sekarang Anda dapat tetap maksimal dalam bekerja.

 

 

Share This:
POST TAGS:

joe.chang@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang Corporate travel enthusiast. Serial entrepreneur. Lifetime student. Local food lover. Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community (ICTC), and Indonesia Corporate Travel Forum (ICTF). https://www.linkedin.com/in/johaneschang/

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*