8 TRIK UNTUK ISIRAHAT SELAMA PENERBANGAN

Bukan rahasia lagi jika tak semua dari kita bisa istirahat di pesawat dengan mudah. Mulai dari suara bising mesin pesawat, sulitnya mendapatkan posisi yang enak untuk tidur, hingga tidak merasa nyaman karena bersebelahan dengan orang asing membuat tidur Anda sulit. Sulitnya tidur akan mengganggu konsentrasi dan performa Anda keesokan harinya. Jika Anda termasuk orang yang sulit tidur selama penerbangan, tak perlu sedih, karena ada beberapa cara yang dapat Biztripper gunakan untuk mempermudah tidur di antara awan-awan.

1. Cari Window Seat

Selain merupakan spot yang difavoritkan semua orang karena dapat melihat pemandangan di luar pesawat, window seat adalah tempat yang tepat untuk memulai tidur nyenyak Anda. Anda dapat menyandarkan kepala Anda ke dinding pesawat. Selain itu tidur lelap Anda tak perlu terganggu oleh penumpang sebelah Anda yang ingin buang air.

Hindari tempat duduk dekat toilet karena pastinya Anda akan terganggu dengan suara-suara dari penumpang lain yang silih berganti menggunakan toilet. Jangan juga duduk dekat dinding kompartemen. Ruang kaki yang ditawarkan memang lebih luas dari tempat duduk lain tapi seringkali tempat tersebut di-reserve oleh keluarga yang membawa anak-anak; tentu Anda tak mau kan istirahat terganggu oleh suara tangisan anak-anak.

2. Bawalah Travel Accessories Yang Mendukung

Membawa bantal leher adalah kewajiban jika Anda ingin tidur nyaman di pesawat. Dikombinasikan dengan posisi duduk di window seat, Anda tak perlu khawatir bangun dengan leher yang tegang. Cahaya dalam kabin pesawat juga faktor penghalang yang membuat Anda sulit terlelap. Oleh karena itu bawalah masker mata.

3. Miringkan Posisi Kursi Anda

Duduk berjam-jam dengan posisi yang sama membuat Anda sakit pinggang. Tidur dengan meletakkan kepala Anda di meja juga bukan hanya membuat leher Anda sakit tapi juga gangguan pada tulang punggung Anda. Oleh karena itu manfaatkan fungsi untuk menyenderkan sandaran kursi belakang Anda ke belakang. Namun pastikan orang di belakang Anda tidak terganggu atau terjepit karena Anda memiringkannya terlalu berlebihan. Posisi seperti ini bukan hanya memudahkan Anda istirahat dengan pulas tetapi menjaga postur tubuh Anda dengan baik.

4. Pastikan Seat Belt Terpasang Saat Anda Tidur

Tidur di window seat menghindarkan Anda terbangun karena penumpang sebelah yang ingin ke toilet. Namun bagaimana trik agar pramugari tidak membangunkan Anda? Mudah, pasang seat belt Anda saat tidur. Pramugari tidak akan membangunkan Anda saat terjadi turbulensi.

5. Jauhkan Gadget

Tujuan utama Anda adalah untuk terlelap secepat mungkin maka letakkanlah gadget Anda ASAP. Menggunakan gadget saat ingin beristirahat untuk membaca atau menonton film malah membaut keinginan tidur Anda hilang. Pikiran Anda akan teralihkan ke gadget. Lebih baik Anda membaca majalah maskapai dengan harapan Anda akan bosan lalu tertidur.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat Anda ingin tidur di pesawat, pastikan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak membatasi pergerakan Anda. Jenis pakaian seperti cardigan atau sweater akan nyaman dipakai dalam penerbangan. Melindungi Anda dari dingin dan di saat yang sama tidak mengganggu pergerakan Anda.

7. Hindari Makan Terlalu Kenyang di Dalam Pesawat

Jika Anda ingin tidur di pesawat pastikan Anda tidak dalam kondisi kekenyangan. Saat Anda kekenyangan maka perut Anda sedang berada dalam mode bekerja, sehingga sulit bagi seluruh sistem tubuh Anda masuk ke dalam mode tidur. Ada baiknya Anda sudah makan paling tidak 4 jam sebelum penerbangan.

8. Pilih Penerbangan Malam

Malam adalah waktu yang tepat untuk tidur. Tubuh Anda mulai memasuki mode untuk beristirahat karena itu agar lebih mudah Anda tidur di pesawat cobalah terbang pada malam hari yang jadwalnya sama dengan waktu tidur Anda.

Seperti yang disebutkan di atas, tidak semua orang mudah tidur di dalam pesawat dengan suasana ramai dan ruang yang relative sempit bersama orang asing. Tapi dengan melakukan beberapa trik tadi Anda bisa mendapatkan tidur yang Anda butuhkan untuk tetap segar saat landing. Selamat mencoba ya Biztripper.

Share This:

drbiztrips@gmail.com

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*

× How can I help you?