No-Brainer Tips untuk Business Traveler

No-Brainer adalah salah satu kata yang kini populer digunakan dalam pembicaraan sehari-hari setelah digunakan oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, di dalam salah satu pidatonya.

 

Menurut kamus Cambridge; arti kata No-Brainer adalah: “Something such as a decision that is very easy or obvious”, atau bisa juga diartikan sebagai “Sebuah keputusan yang jelas-jelas sangat mudah dilakukan”.

 

Jadi apa saja No-Brainer tips untuk business traveler jaman now?

 

Optimalkan waktu dengan “30-Minutes Meeting Rule”

Kenapa? karena saat kita menyadari bahwa hanya ada waktu 30 menit untuk suatu meeting maka kita akan lebih menghargai kesempatan dan waktu yang ada. Mulai dari tidak adanya alasan untuk tidak hadir karena waktunya tidak terlalu lama, sampai dengan persiapan yang lebih baik, sehingga hubungan bisnis menjadi lebih efisien dan efektif.

 

Manfaatkan teknologi terkini.

Gunakan tas serbaguna.

Siapkan uang tunai di dompet.

Simpan nomor telepon untuk situasi darurat.

 

 

 

 

Manfaatkan teknologi, pilih transportasi dan akomodasi yang nyaman

Tips pertama adalah memilih transportasi dan akomodasi yang nyaman. Transportasi adalah salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi mood bepergian Kamu. Pasalnya, ketika Kamu salah memilih transportasi, tidak hanya membuyarkan mood Kamu, tetapi juga bisa mengacak-acak jadwal yang sudah Kamu buat. Jadi untuk transportasi, usahakan memilih yang nyaman dan tepat waktu.

Kemudian akomodasi atau penginapan. Jika Kamu sudah berkali-kali datang ke tempat tujuan perjalanan bisnis ini, Kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Nah, kamu bisa juga memanfaatkan teknologi untuk mencari transportasi dan akomodasi yang nyaman. Caranya, install aplikasi penyedia jasa layanan tersebut, dan gabungkan review + promo untuk mendapatkan perjalanan bisnis yang nyaman.

 

Membuat itinerary atau daftar perjalanan

Tips kedua adalah membuat itinerary atau daftar perjalanan. Walaupun perjalanan bisnis hanya 2 hari atau bahkan 1 hari, membuat itinerary adalah wajib hukumnya. Usahakan ketika Kamu membuat itinerary, fokuskan kepada tujuan perjalanan bisnis terlebih dahulu. Setelah semua urusan bisnis telah selesai, Kamu bisa mulai memikirkan pergi ke tempat wisata untuk kuliner atau sekadar membeli oleh-oleh.

Membuat itinerary tidak perlu menggunakan notes atau printable, kamu bisa menggunakan aplikasi itinerary online.

 

Membawa tas serbaguna

Tips ketiga adalah bawalah tas serbaguna. Dalam perjalanan bisnis, biasanya tas Kamu akan berat karena membawa laptop, agenda, buku, dan kebutuhan bisnis lainnya. Jadi agar perjalanan bisnis Kamu nyaman, bawalah 1 tas besar yang berisi barang keperluan bisnis dan 1 tas kecil untuk barang-barang berharga seperti dompet, paspor, dan barang berharga lain.

Jika ternyata perjalanan bisnis Kamu hanya membutuhkan waktu 1 hari, Kamu cukup membawa 1 tas yang berisi barang keperluan bisnis. Membawa tas yang tepat ini akan membuat Kamu nyaman selama melakukan perjalanan bisnis.

 

Catat nomor penting

Tips selanjutnya adalah hal yang paling sepele dan sering diremehkan oleh orang-orang ketika melakukan perjalanan bisnis, yaitu mencatat nomor penting. Mulai dari alamat dan nomor telepon hotel, nomor polisi setempat, dan nomor telepon tempat kerja Kamu. Khususnya jika Kamu bepergian ke tempat yang baru, tentu mencatat nomor telepon akan sangat berguna jika Kamu tersesat atau mengalami kejadian buruk yang lain.

 

Itulah 4 tips aman dan nyaman ketika Kamu melakukan perjalanan bisnis, khususnya ketika mengunjungi tempat yang baru. Semoga perjalanan bisnis Kamu menyenangkan ya Biztrippers.

 

[CorporateTravel.ID]

 

Share This:

drbiztrips@gmail.com

Johanes (Joe) Chang is one of Indonesia's corporate travel evangelists with more than 25+ years of experiences in and out of the industry.

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*

× How can I help you?