Tips Aman dan Nyaman dalam Perjalanan Bisnis

Biztrippers pasti pernah merasakan ketidaknyamanan ketika melakukan perjalanan bisnis, apalagi ketika berada di tempat yang baru. Mulai dari hotel yang ternyata tidak nyaman, makan yang tidak cocok di lidah, atau bahkan mengalami peristiwa buruk seperti tersesat. Tenang, Kamu tidak sendirian, karena masalah ini sering kali muncul untuk Kamu yang pertama kali melakukan perjalanan bisnis. Nah di dalam artikel kali ini, kita bakal membahas bagaimana caranya tips aman dan nyaman dalam perjalanan bisnis. Mulai dari meeting, konferensi, atau hanya sekadar mengunjungi kantor cabang. Simak ya, agar perjalanan bisnis Kamu kedepannya menyenangkan.

Manfaatkan teknologi, pilih transportasi dan akomodasi yang nyaman

Tips pertama adalah memilih transportasi dan akomodasi yang nyaman. Transportasi adalah salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi mood bepergian Kamu. Pasalnya, ketika Kamu salah memilih transportasi, tidak hanya membuyarkan mood Kamu, tetapi juga bisa mengacak-acak jadwal yang sudah Kamu buat. Jadi untuk transportasi, usahakan memilih yang nyaman dan tepat waktu.

Kemudian akomodasi atau penginapan. Jika Kamu sudah berkali-kali datang ke tempat tujuan perjalanan bisnis ini, Kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Nah, kamu bisa juga memanfaatkan teknologi untuk mencari transportasi dan akomodasi yang nyaman. Caranya, install aplikasi penyedia jasa layanan tersebut, dan gabungkan review + promo untuk mendapatkan perjalanan bisnis yang nyaman.

Membuat itinerary atau daftar perjalanan

Tips kedua adalah membuat itinerary atau daftar perjalanan. Walaupun perjalanan bisnis hanya 2 hari atau bahkan 1 hari, membuat itinerary adalah wajib hukumnya. Usahakan ketika Kamu membuat itinerary, fokuskan kepada tujuan perjalanan bisnis terlebih dahulu. Setelah semua urusan bisnis telah selesai, Kamu bisa mulai memikirkan pergi ke tempat wisata untuk kuliner atau sekadar membeli oleh-oleh.

Membuat itinerary tidak perlu menggunakan notes atau printable, kamu bisa menggunakan aplikasi itinerary online.

Membawa tas serbaguna

Tips ketiga adalah bawalah tas serbaguna. Dalam perjalanan bisnis, biasanya tas Kamu akan berat karena membawa laptop, agenda, buku, dan kebutuhan bisnis lainnya. Jadi agar perjalanan bisnis Kamu nyaman, bawalah 1 tas besar yang berisi barang keperluan bisnis dan 1 tas kecil untuk barang-barang berharga seperti dompet, paspor, dan barang berharga lain.

Jika ternyata perjalanan bisnis Kamu hanya membutuhkan waktu 1 hari, Kamu cukup membawa 1 tas yang berisi barang keperluan bisnis. Membawa tas yang tepat ini akan membuat Kamu nyaman selama melakukan perjalanan bisnis.

Catat nomor penting

Tips selanjutnya adalah hal yang paling sepele dan sering diremehkan oleh orang-orang ketika melakukan perjalanan bisnis, yaitu mencatat nomor penting. Mulai dari alamat dan nomor telepon hotel, nomor polisi setempat, dan nomor telepon tempat kerja Kamu. Khususnya jika Kamu bepergian ke tempat yang baru, tentu mencatat nomor telepon akan sangat berguna jika Kamu tersesat atau mengalami kejadian buruk yang lain.

 

Itulah 4 tips aman dan nyaman ketika Kamu melakukan perjalanan bisnis, khususnya ketika mengunjungi tempat yang baru. Semoga perjalanan bisnis Kamu menyenangkan ya Biztrippers.

 

Share This:

drbiztrips@gmail.com

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*

× How can I help you?