00 5 TIPS UNTUK BUSINESS TRAVELER PEMULA - CorporateTravel.ID

5 TIPS UNTUK BUSINESS TRAVELER PEMULA

Awalnya, business travelling terasa berat. Setelah melewati jam-jam panjang selama perjalanan kita langsung dihadapkan pada business meeting yang sangat menuntut konsentrasi. Tapi di balik itu semua jika tahu apa yang harus dilakukan, business travelling itu bisa menjadi menyenangkan dan menguntungkan.

1. Bergabung Dengan Program Loyalitas 

Jika Biztripper sering diutus oleh kantor untuk melakukan perjalanan bisnis, ada baiknya segera mendaftarkan diri ke program loyalitas yang diadakan oleh maskapai penerbangan (airlines frequent flyer membership) atau hotel (reward program). Tujuannya adalah Biztripper bisa mengumpulkan poin yang jika sudah mencapai jumlah tersebut dapat ditukarkan dengan barang atau bahkan tiket/kamar gratis. Jangan terburu-buru mendaftarkan diri Biztripper ke berbagai program loyalitas. Lebih baik fokus ke satu hotel dan satu maskapai agar akumulasi poin lebih cepat. Tidak apa-apa jikaa Biztripper hanya berpergian 2x dalam setahun, setidaknya perjalanan tersebut menjadi poin yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan.

2. Minta Upgrade Kamar Hotel

Tahukah Biztripper bisa melakukan upgrade kamar di hotel? Kebanyakan pegawai front desk tidak memberitahu tentang ini. Tapi jika kita bertanya mereka akan membantu. Tapi perlu diingat bahwa tidak selamanya kita bisa mendapatkan kamar upgrade karena tergantung ketersediaan. Ada tips untuk mendapatkan upgrade kamar. Pertama tanyakan staf front desk dengan ramah, mereka seharian harus menghadapi keluhan atau konsumen yang menyebalkan, jadi dengan bertanya secara ramah kepada mereka kita akan mendapatkan penjelasan yang baik untuk upgrade kamar. Kedua, Biztripper bisa datang di sore hari atau malam hari. Kemungkinan untuk mendapatkan ketersediaan kamar untuk upgrade pada jam-jam ini besar sekali.

3. Gunakan Koper Carry-on

Tak perlu membawa koper yang besar jika perjalanan bisnis Anda tidak memakan waktu yang lama. Cukup gunakan koper carry-on. Koper carry-on membantu Biztripper menghemat waktu karena bisa membawa koper ke dalam kabin sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu koper ketika tiba bandara tujuan.

Pastikan juga ukuran koper yang dibawa sesuai dengan ukuran yang disarankan oleh maskapai penerbangan. Sebelum berangkat pastikan isi koper Biztripper tidak membawa barang-barang yang dilarang di pesawat seperti botol berisi penuh cairan sehingga Biztripper tidak harus direpotkan dengan pemeriksaan keamanan.

4. Buatlah Itinerary

Itinerary atau jadwal perjalanan sangat penting dibawa pada perjalanan bisnis. Tujuannya adalah membantu Biztripper agar tepat waktu dan terorganisir; jam berapa harus berangkat di tempat ini, di mana meeting, dan berbagai kegiatan lainnya.

5. Selalu Datang Lebih Awal

Entah itu datang ke bandara, meeting, janji makan malam dengan kolega, usahakanlah agar Biztripper datanyang samag selalu lebih cepat satu jam atau setengah jam.  Membangun kebebasan seperti ini akan memberikan kita kemampuan untuk mengatur waktu secara fleksibel dan bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terlambat terbang karena Anda terjebak macet saat menuju ke bandara.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*

× How can I help you?