6 TIPS UNTUK ‘TRAVELLING MOM’

Menjadi seorang business woman yang sering melakukan perjalanan bisnis sekaligus seorang ibu adalah hal yang menantang. Anda harus dapat menyeimbangkan antara tanggung jawab terhadap pekerjaan dan anak. Meskipun terlihat sulit dari luar, Anda tetap bisa menjadi ibu yang baik meskipun sering berpergian. Berikut tips yang dapat Anda – travelling mom–  gunakan untuk menyeimbangkan kehidupan profesional dan pribadi.

1. Berikan Pengertian kepada Anak

Sebelum Anda melakukan perjalanan bisnis ada baiknya memberitahu anak dari jauh-jauh hari bahwa Anda akan pergi meninggalkan mereka selama beberapa waktu. Hindari memberitahu mereka pada waktu yang mendadak. Ini akan membuat anak Anda kesal, terlebih bila mereka sudah memiliki rencana untuk menghabiskan waktu bersama Anda.

Beritahu mereka minimal seminggu sebelum keberangkatan. Berikan pengertian bahwa Anda pergi untuk bekerja dan akan katakan bahwa Anda dapat bermain lagi dengan mereka saat Anda kembali. Bila perlu, Anda dapat mendandai tanggal keberangkatan dan lamanya Anda pergi di kalender agar anak semakin mengerti.

2. Ingatkan Anak-Anak Bahwa Anda Menyayangi Mereka

Meskipun Anda berpergian bukan berarti Anda tidak dapat menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak. Anda dapat menujukkannya lewat membuat ritual kecil seperti memberikan hadiah sebelum Anda berangkat, atau membacakan buku dongeng sebelum tidur.

3. Libatkan Anak Saat Berkemas

Melakukan aktivitas bersama adalah cara yang tepat untuk melakukan bonding dengan anak. Anda bisa memanfatkan waktu berkemas bersama sebagai kegiatan bonding. Ajak mereka membantu mengambilkan pakaian Anda, mempersiapkan barang-barang yang Anda butuhkan, dan atau Anda dapat menceritakan ke mana Anda akan pergi dan meminta anak menunjukkannya di peta.  Anda juga dapat meminta anak memberikan masukkan tentang tempat-tempat mana saja yang Anda harus kunjungi.

4. Gunakan Teknologi

Saat ini teknologi komunikasi sangat maju, Anda dapat terhubung dengan anak walaupun Anda berada di belahan dunia yang berbeda, manfaatkan hal tersebut. Sisihkan waktu untuk mengirim SMS kepada anak, menanyakan kabar, atau Anda bisa melakukan video call lewat Skype.  Berinteraksi dengan mereka lewat sosial media selama Anda dalam perjalanan bisnis juga bisa menjadi alternatif. Meski kegiatan ini terlihat annoying utnuk anak yang sedang beranjak dewasa, namun anak dapat mengapresiasi bahwa Anda memperhatikan mereka.

5.  Bawa Anak Jalan-Jalan

Buatlah rencana untuk membawa anak-anak Anda travelling saat Anda libur. Selain membantu anak merasakan apa yang Anda alami saat melakukan perjalanan dinas, Anda dan anak-anak dapat menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan bersama.

6. Jangan Merasa Bersalah

Sebagai seorang ibu pasti ada kalanya Anda merasa bersalah karena tidak bisa bersama-sama dengan anak setiap saat. Namun itu bukan berarti Anda adalah ibu yang tidak baik. Jangan bandingkan diri Anda dengan ibu-ibu lainnya. Selama Anda dapat memiliki komunikasi yang baik dengan anak-anak baik saat sebelum dan setelah perjalanan dinas, Anda tetap merupakan ibu yang baik. Jangan biarkan pendapat orang lain membuat Anda merasa bersalah.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat kondisi mengharuskan Anda menjadi travelling mom. Kuncinya adalah selalu memiliki komunikasi yang baik dan rutin dengan anak-anak saat Anda melakukan perjalanan dinas.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*