Home / BIZTRIPS  / Vape untuk 10 Tahun Penjara di Thailand

Vape untuk 10 Tahun Penjara di Thailand

Rokok elektrik atau yang lebih sering dikenal sebagai ecigarette atau vape memang praktis digunakan, tak perlu membawa korek api, bisa menggunakan berbagai rasa dan yang lebih penting lagi mudah disimpan saat Anda travelling. Tapi hati-hati jika Anda berdinas ke Thailand, membawa vape bisa membuat Anda terancam di penjara selama 10 tahun.

 

Sejak tahun 2014, Thailand sudah mulai menerapkan undang-undang yang  menyatakan segala bentuk rokok elektronik dan shisha adalah barang ilegal. Karena itu penjualan alat dan cairan nya juga dianggap ilegal dan melanggar hukum.

 

Pelarangan ini dilakukan karena pemerintah Thailand menganggap bahwa rokok elektronik dapat memicu anak-anak untuk memicu rokok.

 

Sayangnya peraturan semacam ini terlihat seperti kurang disosialisasikan sehingga banyak pihak yang belum mengetahuinya, terutama para orang asing dari luar Thailand. Ancaman yang bisa Anda hadapi jika terkena kasus mengenai vape mulai dari 5 tahun hingga 10 tahun beserta denda.

 

Salah seorang praktisi biro jasa perjalanan yang berbasis di Inggris bernama Pat Waterson mengatakan bahwa mulai sekarang ia akan memberitahu para kliennya mengenai peraturan yang tidak terlalu populer namun dapat berpotensi merusak liburan ini. Dikutip dari Travel Weekly UK, Pat Waterson menceritakan seputar kejadian yang tidak mengenakan yang menimpa keponakan nya saat berada di Thailand.

 

Keponakan Waterson saat itu sedang berlibur ke Thailand dengan membawa vape. Saat itu dia ditangkap oleh polisi setempat dan diberitahu bahwa rokok elektronik adalah barang ilegal di Thailand.

 

Keponakan Pat Waterson akhirnya berhasil melepaskan diri dengan membayar uang kepada polisi. Namun polisi Thailand mengatakan bahwa ia bisa saja masuk ke dalam penjara dan dihukum selama 10 tahun karena kesalahannya ini.

 

Apabila Anda penggemar rokok elektronik dan akan melakukan perjalanan dinas ke negeri Gajah Putih ini pastikan Anda meninggalkannya di rumah daripada menjadi penghambat perjalanan Anda.

 

Sementara ini hanya Thailand yang menerapkan peraturan aneh semacam ini. Di negara lain seperti Australia dan Inggris Anda diperbolehkan untuk menggunakan rokok elektronik selama liquid atau juice yang Anda gunakan tidak mengandung nikotin.

 

Sebagai orang yang sering berpergian untuk perjalanan bisnis, Anda wajib tahu beberapa peraturan tidak umum atau yang kurang disosialisasikan di berbagai negara lain sehingga Anda tidak terjerat masalah. Berikut beberapa daftar peraturan yang dianggap tidak umum dari berbagai negara, yang bisa  berakibat penjara atau denda:

 

1. Hindari menggunakan baju loreng tentara di Jamaika

 

2. Jangan mengunyah permen karet di tempat umum di Singapura

 

3. Jangan menginjak mata uang Thailand

 

4. Dilarang bermesraan di depan umum di Dubai

 

5. Jangan mengenakan sendal saat menyetir di Spanyol

 

6. Jangan  buang sampah sembarangan di Singapura dan Thailand

 

7.  Jangan mabuk di depan umum di Dubai

 

8. Jangan pasang musik keras-keras di Dubai

 

Ingat, next time Anda ke Thailand, tinggalkan liquid dan kit Anda agar tidak tersandung kasus dengan polisi Thailand.

Share This:

drbiztrips@gmail.com

Johanes (Joe) Chang Corporate travel enthusiast. Serial entrepreneur. Lifetime student. Local food lover. Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community (ICTC), and Indonesia Corporate Travel Forum (ICTF). https://www.linkedin.com/in/johaneschang/

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*