Home / BIZTRIPS  / Sindrom Kelas Ekonomi dan Cara Pencegahannya

Sindrom Kelas Ekonomi dan Cara Pencegahannya

CorporateTravel.ID – Apa itu sindrom “kelas ekonomi”? Bagi Anda yang sering berpergian Anda perlu mengetahui tentang sindrom yang membuat perjalanan tidak nyaman ini. Sindrom “kelas ekonomi” adalah kondisi di mana terjadi penyumbatan darah di dalam pembuluh darah yang menyebabkan penderitanya kesulitan berdiri karena kesemutan atau keram. Sindrom “kelas ekonomi” muncul akibat terlalu lama duduk dalam penerbangan yang panjang. Penyakit ini paling sering terjadi di kelas ekonomi yang ruang kakinya sempit, karena itu munculah sebutan sindrom “kelas ekonomi”.

 

Selain dari tempat duduk yang sempit ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi terjadinya economy class syndrome (ECS) seperti tekanan oksigen yang rendah dan dehidrasi. Perubahan tekanan oksigen yang tejadi di dalam kabin membuat turunya kadar oksigen di darah yang memperbesar kemungkinan terjadinya penyumpatan pada pembuluh darah. Tingkat kelembaban yang rendah di kabin juga membuat tubuh cepat dehidrasi. Ditambah lagi apabila Anda mengkonsumsi kopi dan the yang disediakan di dalam kapal. Hal ini membuat tubuh cepat dehidrasi.

 

Sindrom ini mudah dicegah dengan beberapa cara sederhana. Luangkan waktu untuk berjalan di kabin secara berkala agar aliran darah di kaki Anda tetap lancar. Berdiri sejenak di kursi Anda untuk meregangkan tubuh. Hindari menggunakan celana yang ketat. Banyak konsumsi minum air dan hindari meminum kopi dan teh.

 

Meski namanya adalah sindrom “kelas ekonomi”, sindrom ini bisa terjadi di kelas mana saja apabila Anda kurang gerak dan dehidrasi selama perjalanan panjang.
Tidak semua orang mengalami sindrom saat penerbangan. Namun tidak ada salahnya tetap melakukan tips-tips pencegahan di atas agar perjalanan Anda menyenangkan.

 

 

 

 

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*