Home / BIZTRIPS  / Tips Mendapatkan Free Upgrade ke First Class

Tips Mendapatkan Free Upgrade ke First Class

(CorporateTravel.ID) Siapa yang tidak senang mendapatkan pesan “Pak, seat Anda telah di-upgrade ke Kelas Satu” dari pramugari ketika Anda merasa kesempitan duduk di bangku yang sekarang, orang tua dengan balita yang menangis, atau penumpang di depan Anda yang tidak punya pengertia dengan menyandarkan kursinya terlalu rendah ke belakang sehingga Anda terjepit. Siapa yang tidak mau menikmati duduk di first class?

 

Pengalaman tadi tentunya sangat menyenangkan, tapi bagaimana cara mendapatkannya? Ternyata ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan upgrade gratis.

 

Pesan Tiket Langsung Lewat Maskapai

Dengan banyaknya situs travel booking yang bermunculan menawarkan promo harga yang menarik dan tanpa booking fees, tak heran banyak orang yang tertarik memesan tiket pesawat lewat situs tersebut. Tapi tahukah Anda ternyata maskapai yang menanggung booking fees agar situr travel booking bisa mendapatkan potongan harga. Oleh karena itu, maskapai biasanya lebih senang jika Anda memesan tiket lewat mereka. Harganya pun hampir sama jika Anda langsung memesannya lewat maskapai.

 

Keuntungan lainnya adalah, ketika nama Anda muncul sebagai orang yang memesan langsung lewat situs maskapai, maka Anda akan dianggap dan diperlakukan sebagai pelanggan loyal mereka, dan bukan penumpang yang sekedar mencari tiket murah. Kesempatan Anda untuk mendapatkan upgrade kelas secara gratis pun semakin besar.

 

Sering Periksa Email

Salah satu keuntungan membuat akun di salah satu situs maskapai penerbangan adalah mendapatkan email promo. Meski awalnya, terlihat seperti menuh-menuhin inbox Anda, biasanya ketika penerbangan overbooked, maskapai akan membombardir Anda dengan email dengan promosi agresif untuk upgrade kelas

 

Terbang Saat Hari Ulang Tahun

Maskapai biasanya akan memberikan pelayanan khusus bagi penumpang yang sedang berulang tahun. Jadi jika Anda terbang pada hari ulang tahun Anda, kemungkinan Anda akan mendapatkan tawaran untuk upgrade kelas.

 

Datang Mepet atau Terlalu Awal

Jika Anda berani mencoba dan sedang tidak buru-buru, cobalah datang mepet dengan waktu penerbangan (kira-kira cukup waktu untuk melewati gate dan cek bagasi). Pada penerbangan yang penuh biasanya Anda akan diminta untuk ikut penerbangan berikutnya. Upgrade ke kelas satu biasanya akan diberikan kepada Anda sebagai pengganti ketidaknyamanan.

 

Atau Anda dapat datang terlalu awal, dan cobalah untuk mengajak agen penjaga gate berbicara. Semakin baik kesan yang Anda tampilkan, semakin tinggi kesempatan mereka mengingat Anda jika ada beberapa kursi kosong di bagian depan pesawat.

 

Gunakan Baju Terbaik

Bagi tiap maskapai, first class adalah salah satu citra terbaik yang mereka harus pertahankan. Salah satu cara untuk mempertahankan citra ini adalah dengan mengisi bangku-bangku mereka dengan orang-orang yang memiliki penampilan sophisticated atau profesional. Karena itu jika Anda tampil rapi dan menggunakan suit saat terbang, ada kemungkinan Anda akan ditawarkan bangku di kelas satu.

 

Setia Terhadap Satu Maskapai

Menggunakan satu maskapai terus menerus dapat memberikan efek jangka panjang pada kesempatan Anda untuk mendapatkan upgrade ke kelas satu. Semakin sering Anda terbang bersama satu maskapai, maka Anda akan masuk daftar orang-orang yang akan di dinaikkan ke kelas satu pada penerbangan-penerbangan yang tidak terlalu padat.

 

Itulah beberapa tips yang Anda dapat coba untuk mendapatkan kesempatan menikmati kemewahan di first class tanpa mengeluarkan uang. Selamat mencoba.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*