ARTI 4 WARNA PASSPORT DI DUNIA

Tahukah Biztrippers, di dunia ini hanya ada 4 jenis warna paspor: merah, biru, hijau dan hitam. Masing-masing warna tersebut memiliki arti dan alasan kenapa dipilih oleh negara tertentu.

 

Disadur dari Brightsideme.com dan berdasarkan kepopulerannya inilah arti dari masing-masing warna paspor yang ada di dunia.

 

1. MERAH

 

 

Merah adalah warna yang paling populer digunakan oleh banyak negara di dunia. Negara-negara yang memiliki sejarah atau sekarang ini menggunakan paham komunis dalam sistem pemerintahannya. Negara seperti China, Serbia, Russia, Latvia, Romania, Polandia, dan Georgia menggunakan warna merah dan variannya. Tapi tidak melulu warna merah digunakan oleh negara yang memiliki sejarah dengan komunismue karena seperti Jepang, dan negara di Amerika Selatan seperti Bolivia, Kolombia, Peru, dan Ekuador menggunakan warna merah.

 

2. BIRU

 

 

Warna paspor terpopuler ke dua setelah merah, warna biru seridng digunakan oleh negara-negara yang ada di benua Amerika atau “Dunia Baru”. Warna biru juga merupakan simbol dari negara-negara yang tergabung persatuan perdagangan Mercosur yang di dalamnya termasuk Brazil, Argentina, dan Paraguay – dengan pengecualian Venezuela yang merupakan anggota namun menggunakan warna merah. Paspor Amerika Serikat menggunakan warna biru.

 

3. HIJAU

 

 

Kebanyakan negara muslim di dunia menggunakan warna hijau sebagai warna paspor mereka. Menurut cerita, warna hijau adalah warna kesukaan dari Nabi Muhamad. Warna hijau melambangkan kehidupan. Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia menggunakan warna ini. Namun selain dari alasan itu, ada negara-negara yang juga menggunakan warna hijau sebagai warna paspor mereka seperti Burkina Faso, Nigeria, Niger, Pantai Gading, dan Senegal. Warna hijau digunakan sebagai pendanda negara-negara anggota ECOWAS (the Economic Community of West African States).

 

4. HITAM

 

 

Warna yang paling jarang digunakan sebagai warna sampul paspor, warna hitam hanya digunakan oleh beberapa negara-negara dari benua Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Congo, Malawi. New Zealand juga menggunakan warna hitam karena warna hitam merupakan warna nasional mereka.

 

Nah, sekarang Biztripper jadi lebih tahu kan arti dan latar belakang dari 4 warna paspor yang ada di dunia.

 

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*