CorporateTravel.ID – Etika bukan sekedar aturan yang dibuat begitu saja. Etika dibuat agar orang lain nyaman berada di dekat kita. Sebagai seorang profesional, mengetahui etika dalam tiap situasi adalah hal yang wajib agar Anda memiliki citra yang baik di mata klien.
Berikut daftar etika berbagai situasi yang wajib Anda pahami.
Saat memberikan Salam
1. Urutan pemberian salam secara verbal: pria menyapa wanita lebih dahulu, yang lebih muda menyapa yang lebih dahulu
2. Jika Anda diperkenalkan pada orang asing oleh seseorang pastikan Anda yang mengulurkan tangan lebih dahulu.
3. Apapun jabatan Anda pastikan menyapa terlebih dahulu saat memasuki ruangan.
4. Saat Anda memperkenalkan seseorang ke pada orang lain pastikan Anda memberikan informasi tentang orang tersebut dan hubungannya dengan Anda. Misalnya: “Halo, Pak, ini teman saya Rudi yang bekerja di perusahaan partner kita”.
5. Jika Anda menggunakan sarung tangan, lepaskan terlebih dahulu sebelum bersalaman.
6. Saat Anda naik taksi, sapa supirnya saat Anda masuk.
7. Jika seseorang ingin menyalam Anda saat Anda sedang duduk, salamlah dia sambil berdiri.
8. Ketika kolega Anda menyapa orang asing pastikan Anda ikut menyapanya.
9. Jangan pernah bersalaman di depan pintu keluar kamar mandi. Kesannya kurang sopan karena tangan Anda baru saja dicuci. Lebih baik minta maaf dan salaman ketika sudah di tempat lain.
10. Jangan pernah bersalaman menyeberang meja.
Saat di restoran
11. Tidak sopan jika Anda duduk di tempat yang sudah ada orang lain. Kecuali Anda diundang bergabung di meja mereka.
12. Tidak sopan meminta tagihan atau bill ketika rekan makan Anda belum selesai makan.
13. Menggunakan sapu tangan ketimbang tisu.
14. Jika hidangan disajikan dengan saus, jangan mencelupkan makanan Anda ke saus bersama. Ada baiknya mengambil sedikit untuk diletakkan di piring Anda. Atau Anda bisa meminta saus di tempat terpisah untuk Anda sendiri.
15. Jangan ambil makanan yang paling enak tetapi mulailah dari makanan yang terdekat dengan Anda.
16. Jika menuangkan minuman dari ceret pastikan menawarkan ke rekan Anda yang lain.
Saat menggunakan telepon
17. Jangan menyampaikan event penting lewat SMS atau pesan teks.
18. Pastikan mengaktifkan mode silent saat berada di teater, bioskop, ruang meeting, dan perpustakaan.
19. Jika Anda harus mengangkat telepon ketika sedang berbicara dengan kolega, pastikan Anda permisi dan berdiri beberapa meter dari mereka agar tidak mengganggu.
20. Jika telepon terputus, adalah kewajiban sang penelepon yang kembali menelepon.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat citra Anda semakin positif, bersinar, dan profesional di mata klien. Jika Anda sering melakukannya maka etika ini dengan sendirinya akan menjadi bagian dari kebiasaan Anda. Selamat mencoba.