Home / BIZTRIPS  / Yang Harus Diketahui Tentang Jenis Pesawat Terbang

Yang Harus Diketahui Tentang Jenis Pesawat Terbang

CorporateTravel.ID – Sejak ditemukannya pesawat pertama kali di tahun 1900-an, pesawat terus berkembang menjadi moda transportasi pilihan karena kemampuannya untuk mencapai tujuan dengan cepat dan praktis. Seiring berjalannya waktu, tipe pesawat juga berkembang menjadi lebih bervariasi karena munculnya berbagai kebutuhan. Mulai dari pesawat satu baling-baling yang berisi dua penumpang hingga jumbo jet yang dapat memuat banyak penumpang. Penasaran dengan tipe-tipe pesawat penumpang yang ada? Berikut tipe-tipe pesawat penumpang yang melintasi langit dunia penerbangan.

 

Airliner

Airliner adalah tipe pesawat komersial yang paling banyak digunakan oleh maskapai penerbangan. Pesawat ini digunakan untuk membawa banyak penumpang dan kargo. Airliner juga dibuat untuk keperluan jarak jauh. Makanya tidak heran airliner digunkan sebagai pesawat angkut antar kota dan Negara.

Contoh jenis pesawat airliner adalah pesawat dari keluarga Boeing, Airbus, McDonnel Douglas, Tupolev, Ilyushin dan banyak lagi.

 

Jet Bisnis

Pesawat penumpang yang satu ini menggunakan mesin jet sehingga lebih cepat dari pesawat airliner. Ukuran pesawat ini ada berbagai macam. Mulai dari pesawat untuk 7 penumpang hingga sebesar Boeing 737. Umumnya pesawat jet bisnis memiliki fasilitas lebih mewah ketimbang pesawat-pesawat lainnya. Pesawat ini didesain untuk para pebisnis yang ingin  berpergian secara cepat dan menghindari delay. Untuk beberapa perusahaan besar, mereka memiliki jet pribadi yang bias digunakan oleh para petinggi perusahaan.

 

Pesawat Perintis

Pesawat peintis adalah pesawat yang digunakan sebagai transportasi ke tempat-tempat yang sulit  dijangkau oleh pesawat-pesawat besar seperti airliner. Pesawat ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan membawa penumpang dalam jumlah yang lebih sedikit. Tujuannya agar pesawat ini mudah bermanuver di landasan yang lebih pendek. Pesawat yang biasa digunakan untuk keperluan pesawat perintis adalah pesawat tricycle gear, pesawat yang menggunakan 3 roda pendaratan serta menggunakan baling-baling. Contoh pesawat perintis adalah N-219 buatan Indonesia.

 

Seaplane

Pesawat yang satu ini umum sekali digunakan sebagai transportasi antar pulau. Pesawat seaplane didesain mampu untuk take-off dari atas permukaan air. Dilengkapi dengan dua baling-baling yang kuat dan ponton pesawat seaplane didesain mampu untuk take-off dari atas permukaan air. Pesawat amfibi ini biasa digunakan pada daerah kepulauan sebagai transportasi yang cepat.

 

Itulah beberapa tipe pesawat yang digunakan sebagai transportasi. Apakah Anda sudah pernah menggunakan semuannya? Pesawat mana saja yang pernah Anda naiki? Ceritakan pengalaman Anda di bawah ini

 

 

 

 

 

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*