Home / BIZTRIPS  / Tips Pintar untuk Business Traveler Profesional

Tips Pintar untuk Business Traveler Profesional

Tak bisa dihindari lagi jika perlajanan bisnis berbeda dari perjalanan wisata. Anda sering melakukan business trip dan ingin menjadikan perjalanan Anda semakin mudah? Ikuti beberapa tips ini agar Anda dapat melakukan business trip laiknya business traveller professional.

 

Berkemaslah Seringan Mungkin

Saat melakukan perjalanan bisnis usahakan untuk tidak terlalu membawa banyak barang bawaan. Bawalah barang-barang yang benar Anda butuhkan selama perjalanan saja seperti peralatan mandi, charger, vitamin, obat-obatan dan peralatan kerja.  Bawalah pakaian secukupnya sesuai lamanya perjalanan. Bawalah dua jenis alas kaki; satu untuk digunakan saat bekerja dan satu untuk waktu yang lebih santai. Pastikan juga untuk membawa sweater dan jaket jika tempat yang Anda kunjungi sangat dingin.

 

Keuntungan membawa barang bawaan sedikit mungkin Anda dapat menghemat waktu saat turun dari pesawat karena Anda tak harus menunggu barang dikeluarkan dari bagasi.

 

Bersiaplah Untuk Hal Tidak Terduga

Usahakan terbang satu hari lebih awal sebelum hari H sehingga Anda masih memiliki waktu jika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Jika memungkinkan, ambilah tiket direct flight ke tujuan Anda. Berganti pesawat saat transit memiliki potensi terjadinya masalah.

 

Jangan Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan akan membuat Anda cepat lemas dan kurang konsentrasi karena kekurangan energi. Pastikan Anda sarapan sebelum beraktivitas atau Anda akan terpaksa memakan makanan penuh gula yang disajikan oleh rekan bisnis Anda, seperti permen dan donat.

 

Selalu Ramah Kepada Personil Maskapai, Hotel, dan Driver

Usahakan untuk tersenyum dan ramah kepada personel maskapai, hotel, driver, atau layanan lainnya yang Anda gunakan. Tersenyumlah ke pada mereka, mulai dari staf check-in tiket di bandara hingga bell boy di hotel. Tanpa Anda sadari mereka ini memiliki kemampuan untuk membuat perjalanan bisnis Anda super menyenangkan atau super susah.

 

Hindari Minum Alkohol Terlalu Banyak

Menikmati malam dengan minum bir bersama kolega memang menyenangkan. Namun terlalu banyak meminum alkohol akan mengganggu tidur Anda dan dapat mengurangi sikap profesional Anda.

 

Gunakan Waktu Anda Secara Maksimal

Business trip bukanlah sebuah perjalanan liburan. Jadi jangan sampai waktu berwisata kuliner atau melihat-lihat mengganggu pekerjaan Anda. Coba tetap lakukan rutinitas Anda seperti biasa. Namun jika memang Anda memiliki waktu luang yang membungkinkan untuk berwisata sebentar, why not?

 

Cek juga pengeluaran apa saja yang ditanggung oleh perusahaan. Laundry? Mini bar? Snack? Jika memang ditanggung, gunakanlah.

 

Pastikan juga untuk mengikuti budaya dari kantor klien atau kantor cabang/pusat yang Anda kunjungi. Jika kantor yang Anda datangi menggunakan pakaian bergaya kasual, gunakanlah pakaian yang kasual. Jika mereka menggunakan pakaian yang formal, gunakanlah pakaian yang formal.

 

Semoga tips-tips ini dapat membantu Biztripper. Selamat mencoba.

Share This:

joe.chang@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang Corporate travel enthusiast. Serial entrepreneur. Lifetime student. Local food lover. Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community (ICTC), and Indonesia Corporate Travel Forum (ICTF). https://www.linkedin.com/in/johaneschang/

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*