Home / BIZTRIPS  / Find The Right Travel Insurance Coverage

Find The Right Travel Insurance Coverage

Saat mereservasi tiket penerbangan ke luar negeri, ada kemungkinan besar seseorang akan menawari Anda untuk menggunakan asuransi perjalanan (travel insurance). Sebagian lagi akan menolaknya tapi sebagian lainnya akan membelinya karena takut terjadi apa-apa pada mereka. Seandainya Anda memutuskan membeli, ada baiknya memilih jenis asuransi apa yang Anda lebih butuhkan. Simak beberapa jenis coverage yang ditawarkan oleh agen asuransi perjalanan.

 

Asuransi Kehilangan Bagasi

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada kehilangan bagasi Anda saat dalam perjalanan. Baju Anda hingga laptop Anda yang beisi presentasi penting untuk rekanan bisnis Anda hilang begitu aja. Anda dapat membayangkan betapa kacaunya jadwal Anda setelah itu.

 

Membeli asuransi untuk kehilangan bagasi mungkin tidak akan mengembalikan presentasi atau baju Anda yang hilang, tapi setidaknya asuransi ini akan bermanfaat saat Anda membeli baju baru di kota tujuan tanpa harus mengeluarkan kocek pribadi. Namun biasanya sistem yang digunakan adalah sistem reimbursment.

 

Asuransi Pembatalan Penerbangan

Selain kehilangan bagasi, pembatalan penerbangan adalah hal yang menyakitkan kedua bagi para bisnis traveler. Bukan hanya jadwal Anda berantakan tapi ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan kompensasi yang sesuai dari Airlines. Dengan adanya asuransi pembatalan penerbangan, setidaknya Anda mendapatkan pergantian tiket dan kompensasi yang lebih baik dapat meredakan kekesalan Anda akibat pembatalan.

 

Asuransi Medical

Tidak ada yang tahu kapan penyakit bisa menyerang Anda. Sakit perut, tipes, dan serangan jantung bisa terjadi pada Anda tanpa memandang apakah Anda sedang berada di dalam negeri atau luar negeri. Jika Anda terserang penyakit saat di luar negeri dan asuransi Anda tidak meng-cover medical Anda di luar negeri maka siap-siap bersusah payah mencari rumah sakit terdekat dan menanggung biayanya. Namun, jika Anda menggunakan asuransi medical, setidaknya Anda tidak perlu khawatir bila terkena penyakit di negara orang. Agen asuransi akan membantu mengarahkan Anda ke rumah sakit terdekat serta membantu menanggung biaya medical Anda selama di sana.

 

Asuransi Evakuasi

Sama seperti penyakit, tidak ada yang tahu kapan bencana atau kerusuhan terjadi di negara tujuan perjalanan bisnis Anda. Asuransi Evakuasi berfokus untuk menyelamatkan Anda dari bahaya yang mengancam nyawa Anda.

 

Asuransi Kematian & Cacat

Pada umumnya asuransi ini berfungsi sama seperti asuransi kematian yang Anda miliki. Bedanya, ahli waris Anda akan mendapatkanya jika Anda mengalami kematian atau kecelakaan yang membuat Anda kehilangan anggota tubuh Anda di luar negeri.

 

Sebelum membeli asuransi pastikan Anda mengenali jenis-jenis coverage yang Anda lebih butuhkan. Jika Anda temasuk orang yang selalu memiliki persiapan untuk menghadapi segala sesuatu, ada baiknya Anda menggunakan travel insurance agar Anda mendapatkan peace of mind selama perjalanan. Semoga membantu.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*