Yang Harus Diketahui Tentang Delay Penerbangan

CorporateTravel.ID – Jika Anda terbang menggunakan pesawat, delay adalah salah satu risiko yang tidak dapat dihindari. Delay membuat jadwal yang sudah Anda susun secara rapi menjadi berantakan terlebih lagi jika Anda sampai mengeluarkan budget ekstra untuk makanan dan penginapan apabila keterlambatan memakan waktu yang cukup lama. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya keterlambatan entah itu karena kesalahan teknis pada pesawat hingga bencana alam tak terduga.

 

Hal yang terburuk dari delay adalah, seberapa pun baiknya Anda sudah melakukan persiapan, Anda tak akan pernah tahu kapan hal itu akan terjadi. Belum lagi saat menunggu yang membosankan.

 

Meskipun tidak menyenangkan, ada beberapa hal yang sebenarnya dapat Anda lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan ini.

 

Cari Tahu Hak Anda

Tiap maskapai biasanya – namun tidak semua – memiliki kompensasi untuk penumpangnya apabila mengalami keterlambatan.  Umumnya  jika keterlambatan di bawah 2 jam atau disebabkan oleh keadaan luar biasa, biasanya Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Selain itu tak ada aturan bahwa maskapai harus memberikan kompensasi tetapi beberapa maskapai akan memberikan Anda voucher makan atau menginap ketika keterlambatan mencapai satu malam.

 

Lain lagi halnya jika Anda mengalami keterlambatan di wilayah Uni Eropa, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di sana, maskapai wajib memberikan kompensasi bagi Anda ketika delay mencapai hari berikutnya. Aturan ini berlaku juga bagi penumpang yang negaranya bukan bagan dari Uni Eropa.

 

Hindari Membeli Tiket Connecting Flight

Membeli connecting flight memang terkadang lebih murah daripada membeli single ticket flight. Namun Anda harus memliki persiapan dengan mengetahui apa yang terjadi dengan penerbangan ke dua Anda apabila penerbangan pertama Anda mengalami delay. Umumnya Anda tidak akan mendapatkan kompensasi jika Anda telat  untuk penerbangan kedua. Oleh karena itu ada baiknya membeli single flight ticket karena akan mudah bagi maskapai memindahkan Anda ke penerbangan lain yang menuju destinasi Anda.

 

Tanya Agen Asuransi Perjalanan Anda

Jika Anda memliki asuransi perjalanan jangan lupa untuk menghubunginya. Kebanyakan asuransi perjalanan akan berlaku setelah Anda mengalami delay lebih dari 4 jam. Ketika batas waktu tersebut lewat segera  hubungi. Asuransi Anda akan mengizinkan Anda menyewa kamar hotel dan memesan makanan dalam jumlah tertentu, bahkan mengcover biaya untuk hiburan.

 

Minta Lounge Pass

Jika keterlambatan diakibatkan oleh maskapai, cobalah meminta lounge pass. Di sini Anda bisa menikmati fasilitas yang disediakan maskapai seperti makanan, minuman, hingga wifi. Ruangannya pun lebih nyaman untuk beristirahat selama Anda menunggu. Maskapai agak enggan memberikan lounge pass, jadi mintalah dengan baik-baik.

 

Cari Makanan

Makanan dapat membuat mood Anda lebih baik. Sekalipun Anda tidak mendapatkan voucher makan dari maskapai, Anda wajib mencari makanan. Siapa yang tahu berapa lama kita harus menunggu agar pesawat kita bias terbang laig.

 

Menghadapi delay itu tentu membosankan. Tapi setidaknya dengan melakukan hal-hal di atas, Anda bisa melewati waktu menunggu tanpa stress berlebihan. Anda punya tips lain berdasarkan pengalaman Anda? Silahkan share di kolom bawah ini.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*

× How can I help you?