Home / BLEISURE  / Membangun Relasi Bisnis saat Chinese New Year

Membangun Relasi Bisnis saat Chinese New Year

CorporateTravel.ID –  Chinese New Year is around the corner! Sebentar lagi hari raya tahun baru China yang ke 2569. Suasana meriah menyambut tahun baru atau yang bisa disebut festival musim semi ini pasti akan terasa di berbagai negara di mana terdapat banyak diaspora etnis China seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, hingga Amerika Serikat. Kue bulan, lentera merah, hingga pertunjukan barongsai bisa kamu temui hampir di mana saja, terlebih di daerah pecinan.

Selain menikmati kemeriahannya, momen tahun baru China kali ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan relasi bisnis dengan rekan-rekan bisnis kamu. Apa saja yang harus dikakukan? Ini dia tips nya.

 

Ucapkan selamat tahun baru dalam Bahasa Mandarin.

Silaturahmi is the key!

Sama seperti ketika pada momen pergantian tahun baru di 31 Januari, kita biasanya mengucapkan selamat tahun baru kepada orang-orang terdekat dan teman sebagai salah satu cara untuk bersilaturahmi. Nah, pada tahun baru China ini kamu juga bisa memberikan ucapat selamat tahun baru kepada rekan bisnis, tapi agar ucapan kamu lebih terasa dekat dan adanya usaha untuk mengenal kebudayaan mereka, ucapkan dalam Bahasa Mandarin.

 

Gong xi fa cai. Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan kalimat ini. Ya, itu adalah ucapan selamat tahun baru dalam Bahasa Mandarin. Ucapan ini bisa kamu berikan pada rekan-rekan bisnis yang berasal dari Singapura, Malaysia, China, dan Taiwan. Jika rekan bisnis kamu kebetulan orang Hong Kong, maka cobalah mengucapkannya dalam Bahasa Kanton agar mereka semakin terkesan. Ucapkan “Kung He Fat Choy”.

 

Arti dari kedua kalimat itu adalah “selamat untuk kemakmuran Anda”.

 

Chinese New Year? Waktunya Kirimi hadiah

Who doesn’t love gift?

Memberikan hadiah kepada orang lain saat tahun baru China adalah hal yang lumrah. Kamu bisa mengirimkan parsel berupa buah-buahan atau kue-kue kering dan basah. Atau kamu bisa memberikan hadiah apa pun yang kira-kira kamu rasa cocok untuk rekan bisnis. Tapi usahakan jangan terlalu mahal agar tidak terlihat seperti menyogok. Utamakan hadiah yang sifatnya dapat dibagikan pada keluarga. Karena pada pada tahun baru China rekan bisnis kamu akan melewatinnya Bersama keluarganya. Pastinya ini akan membantu mempererat hubungan kamu secara professional dan juga secara personal.

Berkunjung ke rumah mereka dengan baju merah

Jika ada waktu berkunjung, berkunjunglah ke rumah mereka. Gunakan baju-baju warna merah karena warna tersebut sudah menjadi seperti warna kebangsaan bagi etnis China. Bagi mereka warna merah melambangkan kemakmuran. Tidak punya pakaian warna merah? Warna emas dan ungu pun dapat kamu gunakan pada saat tahun baru China.

 

Maanfatkan momen ini untuk menumbuhkan hubungan personal dan professional terhadap rekan bisnis Anda dengan cara-cara ini. Cara silaturahmi ini tentunya akan mempengaruhi hubungan kerja sama kamu dalam jangka panjang.

 

Happy Chinese New Year, Biztrippers!

Share This:
POST TAGS:

drbiztrips@gmail.com

Johanes (Joe) Chang Corporate travel enthusiast. Serial entrepreneur. Lifetime student. Local food lover. Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community (ICTC), and Indonesia Corporate Travel Forum (ICTF). https://www.linkedin.com/in/johaneschang/

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*