Home / BIZTRIPS  / Yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Mobil

Yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Mobil

CorporateTravel.ID – Terkadang menyewa mobil saat Anda berada di lokasi perjalanan dinas Anda diperlukan apabila Anda tidak mendapatkan layanan antar jemput. Menyewa mobil juga lebih praktis jika Anda ingin berkeliling-keliling di kota tersebut. Namun sebelum mencoba menyewa mobil saat perjalanan bisnis, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal berikut ini agar menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan saat menyewa mobil.

 

Jangan gunakan fasilitas bensin penuh dari rental

Kecuali Anda sedang terburu-buru mengejar meeting setelah turun dari pesawat, jangan gunakan layanan bensin full yang ditawarkan oleh rental mobil karena Anda akan dikenakan charge yang mahal. Anda dapat mengisi bensin sendiri di pom bensin setempat. Dengan begini Anda dapat menghemat pengeluaran Anda.

 

Cek lokasi pom bensin di sekitar Anda

Setelah Anda mendapatkan mobil segera cek kondisi bensin mobil Anda. Jika kurang penuh segera tanyakan lokasi pom bensin terdekat atau gunakan Google Map  untuk mengisi bensin mobil Anda. Setelah Anda menemukan pom bensin hapalkan lokasinya, jadi saat waktunya Anda mengembalikan mobil, Anda tidak perlu mencari-cari lagi.

 

Lakukan pemeriksaan pada mobil

Sebelum Anda meninggalkan rental mobil, pastikan Anda melakukan inspeksi menyeluruh pada seluruh bagian mobil. Carilah lecet dan penyok pada body mobil dan cacat kecil lainnya. Setelah itu perhatikan apakah kondisi bemper, band, wiper, spion mobil dalam keadaan normal. Hal ini penting sekali  karena bisa saja cacat mobil tersebut ditanggungkan kepada Anda meskipun bukan kesalahan Anda. Agar lebih aman lagi Anda dapat memfoto kondisi mobil sebelum Anda membawanya sehingga menghindari scam dari penyedia jasa rental.

Begitu juga saat Anda mengembalikan mobil, pastikan tidak ada yang berubah sebelum Anda mengembalikannya kepada pemilik rental.

 

Pertimbangkan penggunaan asuransi

Seringkali perusahaan rental akan menawarkan Anda untuk membeli asuransi mobil. Mereka akan menjelaskan kemungkinan-kemungkinan Anda yang terjadi apabila Anda mengalami gangguan. Tahan dulu. Sebelum Anda membeli asuransi mobil rental, ada baiknya Anda mengecek apakah asuransi perjalanan milik Anda akan menanggung biayanya apabila Anda mengalami kecelakaan dari mobil rental. Kartu kredit milik Anda juga biasanya memberikan proteksi untuk kecelakaan. Jadi Anda tak perlu menambah pengeluaran untuk asuransi tambahan.

Itulah beberapa hal yang Anda perlu ketahui tentang menyewa mobil. Jadi Anda dapat melakukan antisipasi yang tepat untuk mencegah hal-hal yang tidak mengenakan terjadi.

Share This:

yomo88.sml@gmail.com

Corporate Travel Indonesia atau CorporateTravel.ID merupakan media komunitas untuk business travelers dan para pelaku industri Corporate Travel di Indonesia.

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*