Home / BIZTRIPS  / 7 Tips untuk Menjadikanmu Lebih Produktif

7 Tips untuk Menjadikanmu Lebih Produktif

CorporateTravel.ID – Apa kamu merasa selalu kekurangan waktu dalam melakukan pekerjaan? Jika iya, berarti ada sedikit yang kurang dalam strategi kamu dalam menggunakan waktu. Bekerja produktif dalam waktu yang terbatas bukan hal yang sulit selama mau berkomitmen untuk menggunakan waktu secara efisien. Nah, agar pekerjaanmu produktif, ini dia beberapa strategi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas dalam sehari.

 

1. Pantau berapa lama waktu yang kamu habiskan dalam satu tugas

Banyak orang yang mengira mereka bisa mengukur beberapa lama mereka mengerjakan suatu tugas, nyatanya hanya 17 persen populasi dunia yang mampu melakukannya. Kebanyakan  dari kita akhirnya menghabiskan waktu lebih lama dari yang diduga. Cara terbaik adalah menentukan berapa waktu yang Anda habiskan untuks satu pekerjaan kemudian mulai hitung dengan timer. Dengan begini Anda dapat mengantisipasi berapa lama kamu mengerjakan satu tugas.

 

2. Multi tasking tidak membuat menjadi multimilyuner

Banyak orang berpikir kemampuan multitasking adalah kemampuan yang dapat meningkatkan produktivitas, padahal kenyataannya malah sebaliknya. Para peneliti menemukan bahwa melakukan multi tasking malah menurunkan produktivitasmu. Biasakan untuk menyelesaikan satu tugas terdahulu sebelum berpindah ke tugas lainnya.

 

3. Buat dead-line  sendiri

Bukan berarti setiap pekerjaan Anda selesaikan dengan deadline yang Anda tentukan sesuka hati tetapi, buatlah deadline sendiri dari deadline yang memang sudah ditentukan dari awalnya. Misalkan kamu diwajibkan menyelesaikan laporan dalam waktu 4 jam, buatlah deadline pribadi yang di mana kamu harus menyelesaikannya dalam waktu 3,5 jam atau 2 jam. Dengan begini kamu akan terpacu menggunakan waktu semaksimal mungkin.

 

4. Gunakan waktu komuter 

Waktu perjalanan pergi dan pulang sebenarnya bonus waktu yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas. Daripada main game atau melihat-lihat timeline Facebook, kamu bisa menggunakannya untuk melihat email dan membuat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan.

 

5. Sering mengambil istirahat singkat

Meski kelihatannya mengambil istirahat singkat seperti malah membuang waktu, kenyataannya jika kamu mengambil waktu singkat setiap mengerjakan sebuah tugas, kamu jauh lebih produktif. Ini dikarekanan istirahat singkat dapat membuat kamu tetap konsentrasi. Sementara bekerja terus menerus tanpa istirahat singkat menyebabkan konsentrasi menurun secara perlahaan. Istirahatlah selama 1 – 2 menit setiap mengerjakan tugas

 

6. Hindari meeting yang tidak penting

Meeting adalah salah satu penyedot waktu paling besar. Jadi sebisa mungkin hindari meeting untuk pekerjaan yang sebenarnya dapat dilakukan dengan cara lain, seperti lewat email misalnya.

 

7. Matikan notifikasi

Notifikasi email, Whats App, dan aplikasi lainnya adalah faktor pengalih perhatian paling besar saat kita bekerja. Ada baiknya matikan notifikasi tersebut sementara dan Anda dapat menyisihkan jam-jam tertentu untuk membuka dan merespon notifikasi-notifkasi tadi.

 

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Tapi kembali lagi, semua cara ini harus diikuti dengan komitmen agar berhasil. Stay productive, stay champion!

Share This:

joe.chang@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang Corporate travel enthusiast. Serial entrepreneur. Lifetime student. Local food lover. Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community (ICTC), and Indonesia Corporate Travel Forum (ICTF). https://www.linkedin.com/in/johaneschang/

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*