Home / BIZTRIPS  / Cara Booking Tiket Pesawat Murah Rasa Kelas Mewah

Cara Booking Tiket Pesawat Murah Rasa Kelas Mewah

CorporateTravel.ID – Naik pesawat dan duduk di kelas bisnis bisa dibilang sebuah kemewahan tersendiri yang ingin dinikmati oleh para road warrior. Selain pelayanan yang lebih baik, tempat duduknya lebih nyaman. Namun karena harganya yang cukup mahal untuk mendapatkan kemewahan itu, kebanyakan orang akhirnya kembali setia berada di kelas ekonomi. Tapi jika kelas bisnis dapat dibeli dengan seharga tiket ekonomi pastinya menyenangkan sekali.  Siapa yang tidak suka naik pesawat duduk di kelas bisnis jika bisa membayar dengan harga ekonomis. Meski kelihatannya agak mustahil ternyata tiket pesawat murah untuk duduk di kelas bisnis bukan impian loh, Biztrippers. Dengan beberapa tips dan trik yang ada di sini dan sedikit usaha gigih dari kamu, serta keberuntungan,kamu bisa mendapatkan tiket pesawat murah untuk duduk di kelas bisnis. Mau tau caranya? baca di bawah ini.

 

Cek Maskapai dengan Program “Lelang ke Kelas Bisnis”

Tahukah kamu jika ada maskapai-maskapai yang melelang bangku kosong di kelas bisnis kepada penumpang kelas ekonomi dengan harga yang jauh lebih murah dari harga asli tiket bisnis. Maskapai akan secara acak menawarkan penawaran lelang ke beberapa penumpang dan yang dapat memberikan penawaran harga paling menarik akan mendapatkan upgrade itu. Meski ini bukan salah satu cara yang pasti untuk mendapatkan tapi peluang ini benar-benar ada dan akan lebih sering mendapatkan kesempatan ini jika Anda merupakan frequent flyer dari maskapai tersebut.

 

Salah satu maskapai yang mengadakan program seperti ini adalah Qantas dengan “Bid Now Upgrades”-nya. Biasanya kamu akan diinfo lewat email mengenai lelang ini 7 hari sebelum keberangkatan. Kamu bisa mencampurkan antara frequent flyer point dan uang  untuk memenangkan lelang tersebut (untuk non-frequent flyer dapat menggunakan cash sepenuhnya). Setelah itu kamu akan mendapatkan kabar berhasil atau tidaknya mendapatkan tiket tersebut pada 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan.

 

Selain Qantas, Virgin Australia, dan KLM juga memiliki skema lelang seperti ini. Atau bisa juga menggunakan website lelang rekomendasi dari TheSun ini.

 

Cari Tiket Kelas Bisnis di Low-Cost Carrier

Tidak semua business class memiliki harga mahal. Low-cost carrier juga menawarkan kelas bisnis dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga kelas bisnis. Salah satu low-cost carrier  milik Singapore Airlines, Scoot, memiliki kelas bisnis yang dinamakan ScootBiz. Fitur yang kamu jumpai sebenarnya setara dengan kelas premium economy-nya full service air liner, namun tetap menawarkan benefit seperti baggage allowance 30 kg, complimentary entertainment  yang bisa di stream langsung ke gadget kamu,  premium meal yang sudah termasuk  segelas alkholol, bangku kulit yang dapat bersandar 20 cm, ruang kaki yang lega serta, soket listrik. Dengan fasilitas seperti ini kamu sudah dapat merasakan kenyamanan kelas bisnis tanpa harus membayar harga yang sangat mahal.

 

Andalkan Frequent Flyer Point 

Bila kamu sering berpergian, usahakan gunakan salah satu maskapai sebagai andalan dan ikuti loyalty program-nya. Dengan terbang sering menggunakan maskapai tersebut kamu bisa mendapatkan poin-poin yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah, salah satunya adalah upgrade tiket gratis ke kelas bisnis. Banyak maskapai sudah memiliki fitur hadiah seperti ini. Namun, mungkin butuh waktu agak lama untuk bisa mengumpulkan jumlah point yang dapat ditukarkan dengan free upgrade ke kelas bisnis tadi. Tetap semangat dan jangan menyerah!

 

Tunggu Promo Kelas Bisnis dari Maskapai

Perusahaan maskapai penerbangan juga menyadari bahwa penumpang kelas ekonomi mereka ingin merasakan terbang dengan kelas bisnis. Karena itu ada waktu-waktu tertentu, perusahaan maskapai ini akan menjual business seat dengan harga promo yang dikirim ke email sebagai newsletter. Jadi pastikan untuk berlangganan newsletter maskapai yang kamu ingin coba kelas bisnisnya. Dan promo ini biasanya akan ditawarkan pertama kali kepada pelanggan frequent flyer. Dan jangan lupa juga untuk sering-sering membuka social media mereka untuk info menarik seputar promo tiket.

 

Berpakaian Rapi, Ramah, & Sendirian

Tahukah kamu jika maskapai sering melakukan overbook dengan asumsi bahwa tidak semua  penumpang akan muncul. Dan jika semua penumpang tersebut muncul berarti ada beberapa penumpang kelas ekonomi yang dipindahkan ke kelas bisnis. Jika kamu berpergian sendiri maka kesempatan untuk di-upgrade ke kelas bisnis akan lebih besar. Terakhir, meski Anda pergi dengan tiket ekonomi cobalah berpakaian seolah kamu sedang dalam perjalanan bisnis, lalu usahakan senyum dan ramah pada petugas saat bertanya kemungkinan untuk upgrade ke kelas bisnis, peluang mu akan lebih besar. Sekalipun kamu tidak mendapatkan upgrade, tidak ada salahnya kan sekali-sekali ramah pada petugas/

 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tiket bisnis dengan harga murah. Ya, memang cara-cara ini melibatkan unsur keberuntungan juga, namun dengan usaha kamu juga bisa mencapainya. Untuk tiket bisnis yang murah apa pun wajib dicoba bukan?

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*