00 Coba Tips Ini Untuk Bikin Meeting Kamu Tidak Membosankan - CorporateTravel.ID

Coba Tips Ini Untuk Bikin Meeting Kamu Tidak Membosankan

CorporateTravel.ID  -Tak peduli betapa pentingnya meeting untuk perusahaan, kebanyakan orang biasanya menghindari meeting karena membosankan. Tapi itu dulu. Sekarang jadikan meeting lebih produktif dan jauh dari bosan dengan trik ini.

 

1. Luangkan Waktu Bersosialisasi

Jika biasanya meeting dimulai pada jam 9 pagi, coba majukan 10 menit lebih awal menjadi 8.50. Tujuannya agar partisipan punya waktu untuk bersosialisasi. Kegiatan bersosialisasi ini berfungsi mencairkan suasana.

 

2. Berbagi Cerita Positif

Meeting yang diawali dengan keluhan dan main tunjuk kesalahan akan berakhir buruk. Coba buka meeting dengan mengajak partisipan berbagi positif. Tidak perlu lama-lama, 1 menit hingga 2 menit pun bisa. Sesuatu yang positif itu bisa berupa pencapaian minggu lalu (entah dalam hal pekerjaan atau pribadi), hal lucu yang dialami pada minggu sebelumnya, hal baru yang dipelajari minggu lalu, dan berbagai pengalaman positif lainnya.

 

3. Give Me A Break!

Sama seperti otot, pikiran juga cepat lelah jika harus fokus terus menerus. Jika sudah lelah maka pikiran akan melayang ke mana-mana dan sudah tidak berkonsentrasi lagi dengan apa yang dibicarakan. Untuk mengakalinya, berikan waktu jeda untuk istirahat selama 5 menit. Idealnya satu kali istirahat untuk setiap satu jam meeting. Waktu jeda ini bisa digunakan untuk kegiatan ice breaker, bercanda antara sesama partisipan yang membantu pikiran kembali segar dan siap untuk melanjutkan meeting.

4. Meeting Tanpa Meja

Meski menjadikan ruang meeting terlihat professional dan berkelas, ternyata meja bisa menjadi faktor tak kentara yang menghambat produktivitas meeting. Sebagai contoh, meja dapat digunakan untuk tidur oleh partispan yang mengantuk.

Ada beragam keuntungan yang didapatkan jika meeting berdiri. Pertama, partisipan dapat bergerak bebas dan tidak terkunci dalam satu posisi yang pada akhirnya bisa menyebabkan kebosanan. Kedua, komunikasi antar partisipan lebih mengalir karena partisipan dapat melihat semua partispan lain secara utuh, pandangannya tidak terhalang. Ketiga, membentuk rasa kesetaraan karena semua orang sama-sama berdiri. Keempat, tercipta kedekatan antar peserta yang memungkinkan mereka berinteraksi dalam jarak dekat, tidak terpisah seperti pada meeting dengan meja.

Keuntungan lainya adalah pikiran akan lebih fokus saat berdiri.

 

5. Gunakan Waktu Hening

Setelah membahas sesuatu topik coba berikan waktu hening sesaat. Fungsinya adalah membiarkan ide-ide yang sudah dilemparkan dapat meresap ke dalam pikiran masing-masing partisipan sehingga mereka dapat memberikan feedback yang relevan juga.

 

Demikianlah tips-tips untuk membuat meeting menjadi lebih produktif, menyenangkan, serta dirindukan oleh para partisipan. Semoga bermanfaat.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk, and Connextrav. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*

× How can I help you?