Home / BIZTRIPS  / Business Trip Packing Checklist

Business Trip Packing Checklist

Pernah merasakan bingungnya memilih barang apa saja yang harus dibawa saat Biztripper hendak melakukan business trip? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Masih banyak orang yang bingung memilih barang berguna apa saja yang harus dibawa saat melakukan business trip. Selain jenis barang yang dibawa berbeda dengan barang untuk liburan, saat business trip kita harus bisa meminimalisir jumlah barang bawaan di koper.

 

Tidak perlu bingung langi Biztripper, beberapa tips ini akan membantu Anda menentukan barang-barang apa saja yang dibawa saat melakukan perjalanan bisnis.

 

Meski perjalanan bisnis tiap orang berbeda, memilih dan memilah barang bawaan akan jadi lebih mudah jika kita membuatnya ke dalam beberapa kategori dan fungsinya secara umum. Tips kali ini akan mengajak Biztripper membagi barang bawaan ke dalam empat kategori: dokumen & akomodasi, pakaian, perlengkapan kerja, dan barang elektronik.

Dokumen

Dokumen yang dimaksud adalah segala dokumen yang diperlukan untuk perjalanan Anda seperti paspor, visa, hotel, dan juga asuransi perjalanan. Tanpa dokumen-dokumen ini perjalanan Anda tidak akan berjalan dengna lancar. Pastikan paspor dan visa Anda tidak kadaluarsa. Jangan lupa untuk menyimpan tiket penerbangan Anda di smartphone agar tidak tertinggal, bahkan Anda bisa melakukan online booking nantinya agar lebih mudah. Begitu juga dengan bukti reservasi hotel Anda, simpan beserta foto paspor Anda di smartphone sebagai cadangan. Jika Anda ingin perjalanan Anda aman tanpa khawatir, beli juga asuransi perjalanan. Harganya tidak lebih mahal dari makan siang Anda, dan bisa berdampak positif dalam jangka panjang.

Pakaian yang Sesuai Suasana

Suasana apa saja yang akan dihadapi? Apakah formal atau semi-formal. Suasana akan mempengaruhi Biztripper apakah harus membawa setelan jas atau pakaian yang lebih kasual. Jika memang akan menghadapi dua situasi tersebut maka minimal membawa 2 pasang pakaian untuk masing-masing suasana agar memiliki pakaian cadangan. Atau Biztripper bisa membawa pakaian yang memang bisa digunakan di berbagai suasana seperti kemeja lengan pendek atau kaus polo.

 

Berapa jumlah pakaian yang harus dibawa? Tergantung lamanya Biztripper akan berpergian. Semakin lama perjalanan Biztripper maka semakin banyak pakaian yang dibawa.

 

Pastikan pakaian yang Biztripper sesuai dengan iklim dan cuaca tempat tujuan. Jika tempat tujuan memiliki cuaca yang dingin maka bawa pakaian yang agak tebal dan syal jika perlu. Jika tempat tersebut memiliki udara panas maka Biztripper butuh pakaian dengan bahan yang lebih sejuk untuk menghindari keringat berlebihan.

 

Peralatan Kerja

Agar tujuan pekerjaan selama business trip tercapai pastikan semua peralatan dan kelengkapan kerja dibawa. Beberapa yang peralatan yang wajib dibawa selain laptop dan charger-nya adalah:

  • Pensil/pulpen beserta buku catatan. Membawa catatan membuat Biztripper dapat mencatat pengetahuan baru dari orang lain atau ide cemerlang yang tiba-tiba timbul selama perjalanan.
  • Kartu nama. Kartu nama adalah bawaan wajib seorang businessman/woman. Memperkenalkan diri menggunakan kartu nama akan terlihat professional dan meyakinkan.
  • USB drives. Benda kecil yang satu ini selain menghemat tempat, dapat menyimpan data dan dokumen seputar pekerjaan Biztripper.

Hiburan & Barang Elektronik

Hiburan saat dalam penerbangan itu perlu agar pikiran tetap rileks. Coba pertimbangkan untuk membawa buku untuk dibaca. Selain baterai smartphone jadi lebih hemat karena jarang disentuh, Biztripper bisa mendapatkan ilmu dari buku tersebut.

 

Jangan lupa untuk membawa charger smartphone. Meski tidak kelihatan penting saat kita berada di rumah, charger bisa menjadi penolong di saat smartphone kita kehabisan daya saat berada di perjalananan. Jangan lupa juga untuk membawa adapter. Tiap negara memiliki lubang stop kontak yang berbeda. Dengan membawa kepala adapter yang bisa digunakan di berbagai negara memudahkan kita untuk mengisi baterai smartphone atau laptop di negara tujuan.

 

Setelah membawa barang-barang sesuai kategori ini, jangan lupa untuk selalu mengecek ulang apakah semuanya benar-benar terbawa. Pastikan Biztripper memiliki satu hari setelah packing untuk memeriksa ulang barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal.

 

Jika semua sudah dilakukan maka Biztripper bisa berangkat dengan tenang.

Lihat juga 10 Barang yang Wajib Dibawa Saat Business Trip

 

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*