Home / SPECIAL OFFERS  / Play  / 5 Tips Penting untuk Para Pencinta Olahraga Pemacu Adrenalin

5 Tips Penting untuk Para Pencinta Olahraga Pemacu Adrenalin

Meski penuh risiko bermain olahraga ekstrim yang memacu adrenalin seperti bugee jumping, paragliding, kiteboarding, atau cave diving memang memberikan perasaan puas dan pengalaman yang tidak didapatkan di tempat lain. Tidak salah memang kalau para Biztripper yang pemberani dan menyukai tantangan akan tergiur untuk mencobanya.  Tapi sebelum mencoba olahraga pemacu adrenalin seperti ini ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar pengalaman bermain lebih optimal.

 

1. Tanya Ahlinya

Bermain olahraga ekstrim tanpa bekal pengetahuan yang memadai hanya akan mendatangkan olahraga yang tak perlu. Ada baiknya, sebelum mencoba bermain salah satu olahraga ekstrim, Biztripper bertanya pada ahlinya. Tiap olahraga ini biasanya punya komunitas dan forum di dunia maya. Kunjungi komunitas atau forum tersebut untuk bertanya-tanya mengenai olahraga tersebut kepada mereka yang memang sudah berpengalaman. Kebanyakan dari mereka biasanya senang hati membantu para pemula yang ingin mencoba olahraga ekstrim itu.

 

2. Lakukan Secara Bertahap

Setelah mendapatkan informasi dari mereka yang berpengalaman, Biztripper jangan tergoda untuk melakukan hal yang ekstrim. Seperti semua kegiatan olahraga lainnya, olahraga ekstrim membutuhkan latihan sebelum bisa menikmatinya secara penuh. Mulailah melakukan hal-hal yang mudah dulu kemudian secara bertahap melakukan gerakan-gerakan yang lebih rumit. Latihan bertahap seperti ini penting untuk mengurangi risiko cedera fatal saat bermain.

3. Gunakan Peralatan yang Berkualitas

Hampir semua olahraga ekstrim membutuhkan peralatan keamanan. Kebanyakan peralatan tersebut memiliki harga yang cukup tinggi sehingga kadang membuat kita tergiur untuk mencari peralatan keamanan bekas karena harganya murah. Tapi perlu diingat bahwa peralatan tersebut belum tentu aman. Peralatan keamanan yang baik membantu melindungi kita dari cedera. Jadi jangan biarkan diri kita mengalami cedera parah hanya karena ingin menghemat uang dengan membeli peralatan keamanan yang bekas. Selalu gunakan peralatan yang kualitasnya baik.

 

4. Konsultasi Dengan Dokter

Risiko cedera saat melakukan olahraga ekstrim selalu ada. Jika mengalami cedera segera konsultasikan ke dokter. Jangan tunggu terlalu lama. Bisa-bisa cederanya bertambah parah dan menyebabkan Biztripper malah tidak bisa melakukan olahraga tersebut lagi. Dengarkan saran yang diberikan dokter. Jika dokter melarang Biztripper untuk melakukan suatu hal, lebih baik didengarkan. Selain itu dokter juga dapat memberikan saran-saran yang mengurangi risiko cedera ke depannya apabila Biztripper berencana melakukan kembali olahraga tersebut.

 

5. Daftar Asuransi

Meski banyak perusahaan asuransi yang tidak mau menanggung cedera akibat olahraga ekstrim dalam polis mereka. Namun beberapa perusahaan asuransi ada yang menawarkan polis untuk mereka yang hobi memacu adrenalin. Asuransi membantu Biztripper mendapatkan perlindungan apabila mengalami cedera. Namun preminya memang lebih mahal dibandingkan premi asuransi biasa.

Share This:

joe.chang@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang Corporate travel enthusiast. Serial entrepreneur. Lifetime student. Local food lover. Biztrips, CorporateTravel.ID, Indonesia Corporate Travel Community (ICTC), and Indonesia Corporate Travel Forum (ICTF). https://www.linkedin.com/in/johaneschang/

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*