Home / SPECIAL OFFERS  / Play  / 10 Olahraga Ekstrim yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup

10 Olahraga Ekstrim yang Wajib Dicoba Sekali Seumur Hidup

CorporateTravel.id – The greater the risk, the greater the rewards”. Untuk mendapatkan kepuasan yang besar kita harus berani juga untuk mengambil risiko yang besar. Jika Biztripper termasuk orang-orang yang suka keluar dari zona nyaman dan mengambil risiko untuk mencapai tujuan, 10 olahraga pemacu adrenalin menantang maut ini layak dicoba, minimal satu kali dalam seumur hidup.

 

1. Kiteboarding

kite-boarding

Kiteboarding adalah olahraga yang unik karena menggabungkan elemen dari wakeboarding, snowboarding, windsurfing, paragliding, skateboarding hingga gymnastic ke dalam satu bentuk olahraga ekstrim. Kiteboarding dimainkan dengan cara menaiki papan selancar sambil ditarik oleh layang-layang yang ditiup angin. Olahraga ini menantang kita untuk memiliki koordinasi tubuh yang baik karena harus menjaga keseimbangan papan dengan kaki dan mengendalikan layang-layang pada saat yang bersamaan.

 

Pada awalnya akan terasa sulit. Namun setelah berhasil meluncur di permukaan air sambil memegang layang-layang, rasa puasnya tak terbayangkan. Bukan sekedar meluncur saja, kiteboarding juga bisa dimainkan dengan berbagai gaya seperti free ride, free style, hingga kitesurfing (sambil mengendarai ombak).

 

 

2. Wakeboarding

wake-boarding

Wakeboarding adalah basis dari kiteboarding. Yang membedakan adalah, jika pada kiteboarding kita berseluncur ditarik dengan bantuang layang-layang maka pada wakeboarding kita ditarik oleh kapal motor yang melaju pada kecepatan 30 – 40 km/jam. Kapal ini bukan hanya berfungsi sebagai penari, tetapi juga sebagai pencipta jalur ombak untuk diseluncuri oleh peselancar. Selama meluncur, kita dapat melakukan beragam aksi, mulai dari salto, flip, dan gerakan-gerakan indah tapi ekstrim lainnya.

 

3. Cave Diving

cave-diving

Cave diving atau menyelami gua adalah salah satu olahraga yang berkembang dari scuba diving. Olahraga ini berfokus menjelajahi gua-gua yang dibanjiri air. Cave diving adalah olahraga yang memiliki risiko tinggi karena para penyelam harus berhadapan dengan penurunan tekanan udara di dalam tubuh saat menyelam atau keracunan karbon dioksida. Cave diving juga membutuhkan keahlian dan pengalaman menyelam yang tinggi untuk mengurangi risiko penyelaman.

 

Namun dibalik itu semua, kesempatan menjelajahi gua-gua gelap dan misterius serta menemukan fauna yang tidak ditemukan di tempat lainnya adalah suatu kepuasan tersendiri.

 

4. Flyboarding

flyboard

Flyboarding adalah olahraga air ekstrim yang dimainkan dengan flyboard. Flyboard sendiri adalah sebuah papan yang dilengkapi water jet pack yang berfungsi sebagai pendorong, yang terhubung pada sebuah mesin di kapal.

 

Bermain flyboard memberikan kita sensasi terbang di atas air bagaikan superhero. Semburan air yang kuat dari water jet pack dapat menerbangkan kita hingga 15 meter di atas permukaan air.  Sambil menaiki flyboard kita dapat melakukan gerakan apa saja sesuka hati dan sebebas mungkin sesuai dengan kreativitas kita memanfaatkan papan tersebut. Mulai dari berputar-putar di udara hingga menukik masuk ke dalam air dan keluar lagi seperti gerakan lumba-lumba. Tapi seperti olahraga ekstrim lainnya, flyboarding memiliki risiko cedera tinggi apabila tidak bisa mengontrol papannya.

 

 

5. Coasteering

coasteering

Pernah terbayang menyusuri tebing-tebing pantai yang curam atau melompat dari atas tebing ke lautan yang berombak? Jika iya, olahraga ini cocok untuk kamu Biztripper. Coasteering adalah olahraga yang berfokus pada kegiatan di sekitar pantai berbatu. Kegiatannya termasuk menyusuri tebing, lompat dari atas tebing, hingga berenang di air yang berombak. Olahraga ini biasa dilakukan beramai-ramai. Dan rompi pelampung adalah peralatan yang wajib dikenakan.

 

6. Slacklining

slacklining

Slacklining adalah olahraga ekstrim yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bernyali dan punya konsentrasi tinggi. Dimainkan dengan cara berjalan menyebrangi seutas tali yang diikat di antara dua tebing, slacklining sangat menantang keseimbangan kita serta memacu adrenalin.

 

7. Speed Riding

speed-riding-flying-speed

Olahraga ekstrim ini dikenal juga dengan nama flying speed. Speed riding memadukan keahlian paralayang, terjun payung, dan ski untuk memainkannya. Olahraga ini hanya dapat dimainkan di gunung bersalju. Layaknya bermain ski, pemain harus meluncur terlebih dahulu ke arah tebing menggunakan papan ski dan kemudian menggunakan parasutnya untuk terbang. Koordinasi tubuh yang baik serta konsentrasi yang tinggi wajib dimiliki saat bermain speed riding.

 

8. Cliff Diving

cliff-diving

Bisa dibilang cliff diving adalah loncat indah versi ekstrim. Alih-alih melompat dari papan lompat ke kolam renang berair tenang, pemain cliff diving melompat dari tebing curam dengan bebatuan kasar ke dalam laut yang bergelombang. Olahraga ini sangat menguji konsentrasi dan keberanian pemainnya karena risiko yang dihadapi sangat besar. Namun demi keamanan biasanya ditetapkan batas ketinggian tebing untuk meloncat: 23 – 28 meter untuk laki-laki dan 18 – 23 meter untuk perempuan.

 

9. Bugee Jumping

bungee-jumping

Bugee jumping adalah makanan wajib untuk para adrenaline junkie dan daredevil. Bugee jumping dimainkan dengan cara mengikat kaki dengan tali lalu melompat dari ketinggian dan memantul kembali ke atas. Olahraga ini sangat seru dan asyik untuk mengusir stress.

 

10. BASE Jumping

base-jumping

BASE adalah singkatan dari building, antenna, span (jembatan), dan earth (tebing) yang mengacu pada tipe-tipe tempat di mana olahraga ini dapat dimainkan. Sekilas BASE jumping mirip dengan terjun bebas. Hanya saja dilakukan bukan dari pesawat namun dari atas gedung, menara tinggi, jembatan, dan tebing. BASE jumping adalah salah satu olahraga ektrim yang paling mematikan karena sempitnya jeda waktu antara terjun bebas dan waktu pembukaan parasut untuk mendarat. Tercatat ada 1 kematian untuk setiap 2.317 lompatan. Karena itu, BASE jumping bukan hanya membutuhkan keberanian tetapi juga perhitungan yang matang serta persiapan perlengkapan yang teliti. Menyepelekan salah satunya saja, nyawa bisa melayang.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*