Home / BIZTRIPS  / Tips Sederhana untuk Business Lunch yang Sukses

Tips Sederhana untuk Business Lunch yang Sukses

CorporateTravel.ID –  Business lunch lumrah dilakukan dalam dunia profesional. Hal ini membantu kita membicarakan pekerjaan dalam suasana yang lebih rileks dan sekaligus dapat mengenal klien lebih dekat. Tapi tahukah Anda bahwa di saat business lunch klien menggunakan kesempatan tersebut untuk mengamati kita lewat bahasa tubuh kita? Cara makan, cara menggunakan peralatan makan, hingga cara menuangkan Wine. Tidak ada klien yang mau melakukan kerja sama apabila cara makan Anda urakan. Bagi mereka cara Anda makan dapat memperlihatkan cara kerja Anda. Karena itu Anda wajib menampilkan bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa Anda percaya diri saat makan siang bersama.

 

Bila Anda diundang makan, tak perlu khawatir mengenai apa yang harus Anda lakukan, karena kami memiliki beberapa tips yang dapat Anda gunakan di saat seperti dan memenangkan citra berbudaya tinggi dan berkelas di mata klien.

 

Cara makan yang sembarangan seperti berbicara sambil mengunyah atau makan secara terburu-buru dianggap kurang sopan dan membuat Anda terlihat tidak teratur. Jadi yang Anda harus lakukan adalah mengenal beberapa etika umum (table manner) berikut ini.

 

Kenali Fungsi Napkin

Napkin atau serbet berfungsi menjaga celana Anda dari tumpahan makanan, namun dalama table manner bisa digunakan sebagai penanda apakah Anda sudah selesai makan atau belum. Saat Anda makan letakkanlah serbet di atas pangkuan Anda dengan keadaan setengah terlipat. Jika Anda ingin meninggalkan kursi Anda sebentar maka letakkanlah serbet yang terlipat di atas kursi Anda, ini akan memberitahu pelayan bahwa Anda akan kembali lagi. Apabila Anda sudah selesai makan maka letakkanlah napkin tadi di sebelah kiri Anda sebagai sinyal tanda selesai makan dan Anda tidak akan kembali.

 

Hindari Berbicara Sambil Mengunyah

Mungkin Anda bisa melakukan hal ini di rumah atau saat sedang bersama teman akrab Anda tapi tidak saat Anda bersama klien. Mengunyah sambil berbicara bukanlah pemandangan yang menyenangkan bagi yang melihatnya serta memberikan kesan semborono dan tidak sabaran karena itu hindari hal ini.

 

 

Jika Anda memang diharapkan berbicara sambil makan pastikan kunyah habis terlebih dahulu makanan yang ada di mulut sebelum berbicara. Potong makanan Anda ke dalam porsi kecil sehingga Anda dapat mengunyahnya dengan mudah dan Anda dapat kembali berbicara dengan cepat.

 

Perhatikan Klien yang Mengundang Anda

Tentunya Anda tidak ingin mempermalukan diri dengan makan terlebih dahulu sebelum klien bukan? Karena itu sebelum menyentuh makanan Anda selalu perhatikan klien Anda. Mulailah makan setelah dia atau orang lain mulai makan. Sering kali kesalahan ini terjadi karena tidak memperhatikan.

 

Dekatkan Makanan Anda ke Mulut, Bukan Mulut Anda ke Makanan

Kebanyakan orang seringkali memiliki kebiasaan makan mendekatkan mulut ke makanan. Dalam etika table manner hal ini kurang sopan. Dekatkan makan ke mulut Anda sementara posisi Anda tetap tegak. Jadi Anda tidak perlu membungkuk tiap kali menyendokkan makanan ke mulut.

 

Gunakan 3 Kata Ajaib

Tolong, terima kasiih, dan permisi adalah tiga kata sederhana namun memiliki dampak positif yang berkesan bagi yang mendengarnya.

 

Etika Memakan Roti dan Mentega

Jika Anda memiliki klien dari Eropa atau Amerika Serikat, maka ada etika saat memakan roti. Jangan pernah menggigit roti secara langsung dari bread roll dan jangan mengolesi mentega ke seluruh roti. Potong roti kecil-kecil kemudian olesi potongan tersebut sebelum Anda memakannya, itulah etika yang benar.

 

Etika Meminum Wine

Tidak semua acara makan siang melibatkan minum wine. Namun jika klien Anda menyajikannya, usahakan minum sedikit saja. Anda tidak ingin melakukan hal-hal yang memalukan akibat tipsy.

 

 

Hindari Menumpahkan Makanan & Minuman

Menumpahkan makanan atau minuman saat business meeting adalah hal yang tidak ingin Anda alami. Namun seandainya hal yang tidak diinginkan ini terjadi, Anda perlu panik. Cukup letakan makanan atau minuman yang tumpah tadi ke posisi aman agar tidak  terulang kembali, setelah itu minta tolong pelayan membersihkannya disertai pernyataan maaf.

 

Itulah beberapa tips yang Anda dapat gunakan saat mendapatkan jamuan makan siang dari klien. Yang unik dari table manner adalah apabila Anda melakukan table manner yang benar maka tidak akan ada yang memperhatikannya, namun jika Anda salah maka semua akan memperhatikan Anda. Awalnya mungkin Anda akan sedikit kesulitan mengaplikasikan tips-tips, bahkan jadi sangat self-conscious terhadap tiap gerakan.  Namun semakin sering Anda melakukannya semakin Anda terbiasa dan Anda pun memiliki citra yang positif di mata klien. Silakan mencobanya.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*