Home / BIZTRIPS  / Jenis Visa Yang Harus Anda Ketahui

Jenis Visa Yang Harus Anda Ketahui

CorporateTravel.ID – Visa adalah dokumen yang tak boleh terlewat jika sedang berkunjung ke luar negeri. Dokumen ini memungkinkan kita memiliki izin tinggal saat berada di luar negeri? Tapi tahukah Anda jika visa memiliki beberapa jenis dengan fungsi berbeda? Yuk, kita kenalan dengan berbagai jenis visa.

 

Visa Turis

Visa turis adalah tipe yang sering digunakan oleh para turis yang ingin berwisata ke negara lain. Untuk mendapatkan visa ini kita harus mengajukannya ke kedutaan besar negara tujuan yang ada di Indonesia.

 

 

Visa Bisnis

Sebagai seorang business traveller visa yang satu ini wajib dimiliki. Visa yang satu ini dibuat untuk mereka yang memang ke luar negeri untuk keperluan bisnis dan pekerjaan – entah itu mengunjungi kantor pusat/cabang, rapat dengan klien, hingga seminar.

 

 

Visa Kunjungan Keluarga

Punya keluarga di luar negeri dan ingin datang berkunjung ke sana? Visa kunjungan keluarga adalah visa yang tepat untuk hal ini. Dengan visa ini kita bisa tinggal di negara tujuan selama maksimal 3 bulan (90 hari). Sama seperti biasa visa ini harus diajukan sebelum keberangkatan dan juga harus disertai surat undangan dari keluarga yang tinggal di negara tujuan; keluarga tersebut bertindak sebagai penjamin traveller selama ada di negara tersebut.

 

Visa on Arrival

Visa on Arrival adalah visa yang dibuat saat kita tiba di negara tujuan sehingga tak perlu repot-repot membuatnya dari jauh-jauh hari. Visa dapat dibuat di bandara atau pelabuhan, tergantung tempat kedatangan kita. Sistem visa on arrival ini hanya berlaku di antara negara-negara yang memiliki hubungan baik.

 

 

Visa Kerja

Visa kerja diperuntukkan bagi orang-orang yang bekerja di perusahaan negara tujuan. Visa ini memiliki jangka waktu yang lamanya sesuai dengan kontrak kerja. Visa ini tidak bisa diperpanjang secara langsung. Untuk memperpanjang visa ini, kita harus kembali ke negara asal dan mengajukan ulang pembuatannya.

 

 

Visa Bisnis

Visa bisnin adalah visa untuk Anda yang ingin membuka perusahaan di luar negeri. Periode waktu tinggalnya cukup lama, sesuai dengan lamanya proses pengurusan izin pendirian perusahaan di negara tujuan.

 

Visa Belajar

Sesuai dengan namanya, visa ini digunakan untuk oleh siswa/mahasiswa yang ingin belajar di luar negeri. Pengajuan pembuatan visa ini lebih mudah apabila kita sudah memenuhi syarat di instansi pendidikan negara yang dituju. Visa ini berlaku selama masa pendidikan masih berjalan, termasuk masa libur.

 

Visa Pertukaran Pelajar

Visa ini dikhususkan untuk para pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar. Masa berlaku visa sesuai dengan masa berlangsungnya program. Pembuatannya akan dibantu oleh lembaga yang mengadakan program.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*