Home / BIZTRIPS  / Tips Mencegah “Cyber Attack” Selama Business Trip

Tips Mencegah “Cyber Attack” Selama Business Trip

Internet memudahkan pekerjaan kita. Kini segala hal bisa dilakukan hanya dalam sekali klik. Begitu juga untuk mengurus keperluan business trip. Anda bisa dengan cepat dan efisien memesan hotel dan tiket pesawat hanya dalam hitungan menit. Praktis bukan?

 

Meskipun meringankan, internet tak sepenuhnya aman. Serangan peretas atau virus dengan mudah mengacaukan sistem keamanan digital Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan internet, terutama selama perjalanan bisnis.

 

Para peretas paling mudah menyerang sistem keamanan digital saat Anda menggunakan jaringan internet publik, seperti di lobi hotel, kafe, atau pusat perbelanjaan. Sebelum Anda kehilangan data-data personal, ada baiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan internet.

 

Inilah empat tips yang menjaga Anda dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.

 

Jangan Tinggalkan Paspor di Kamar Hotel

 

Paspor adalah nyawa Anda. Dokumen berwarna hijau ini menyimpan berbagai informasi personal, mulai dari nama, tinggi badan, hingga warna mata. Oleh karena itu, sangat disarankan agar selalu membawa paspor ke mana pun Anda melangkah.

 

Hindari juga restoran dan bar yang menggunakan card reader pada pintu masuknya. Card reader bukan hanya memindai umur tetapi juga semua informasi yang ada di dalam kartu ini. Dikhawatirkan, informasi rahasia tentang Anda diperjualbelikan ke orang yang tak bertanggung jawab.

 

Selalu Bawa Perangkat Elektronik Bersama Anda

Meninggalkan laptop atau alat elektronik lainnya yang berisi data-data rahasia sangat tidak disarankan. Selalu bawa laptop Anda ketika berpergian. Gunakan laptop yang ringan sehingga Anda tidak merasa berat membawanya ke mana saja.

 

Seandainya Anda perlu meninggalkan laptop Anda, pastikan untuk membentengi laptop dengan password dan enksripsi lainnya sehingga apabila dicuri pun orang tidak dapat membuka data di dalamnya.

 

Hindari Menggunakan WiFi Hotel, Restoran, atau Business Center

 

WiFi gratis memang menggiurkan. Tapi jangan terburu-buru untuk menggunakannya karena jaringan ini tidak aman. Laptop dan smartphone Anda mudah sekali disusupi oleh peretas.

 

Cara paling aman adalah dengan menggunakan smartphone Anda sebagai hot spot. Meski tidak memiliki bandwidth dan koneksi tinggi tapi Anda dapat bisa membuka email tanpa harus takut komputer  disusupi.

 

Jangan Bicarakan Topik Sensitif Melalui Gadget

 

Hindari membicarakan hal yang bersifat rahasia seperti rencana merger, urusan seputar perusahaan, budget ke rekan kerja atau klien lewat gadget. Selalu berasumsi jika percakapan Anda dapat didengar orang lain.

 

Jika ingin membicarakannya, tunggulah hingga Anda bertatap muka. Kecuali Anda memiliki perlengkapan yang dapat mengenkripsi percakapan. Anda perlu benar-benar yakin bahwa informasi yang dibicarakan tidak disadap orang lain.

Share This:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*