Home / BIZTRIPS  / Apa itu kelas Premium Economy?

Apa itu kelas Premium Economy?

CorporateTravel.ID – Dengan harga tiket penerbangan ekonomi yang semakin bersahabat, semakin banyak orang yang bisa berpergian dengan pesawat. Tapi harga tiket yang bersahabat itu seringkali berarti duduk di bangku yang tidak bersahabat. Kursi yang tidak bisa disandarkan ke belakang, ruang kaki yang sempit, hingga arm rest  yang sempit yang membuat Anda bersenggolan dengan penumpang lain. Rasanya sangat tidak nyaman, apalagi jika waktu penerbangannya lama. Merasa lelah saat turun dari pesawat itu sudah pasti. Seandainya saja dengan menambah sedikit biaya bisa memindahkan Anda ke tempat yang lebih nyaman, pasti Anda mau melakukannya. Nah, dari kondisi seperti itu lah konsep premium economy lahir.

 

Kelas Ekonomi Rasa Bisnis

Maskpai penerbangan melihat adanya penumpang-penumpang yang mau mengeluarkan uang sedikit lebih banyak agar bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman dan pelayanan yang lebih baik, oleh karena itu mereka menciptakan sebuah konsep kelas ekonomi dengan tambahan sedikit pelayanan premium. Bisa dibilang kelas premium economy ini adalah jembatan antara kelas ekonomi dengan kelas bisnis. Lokasinya pun sering kali berada di antara kelas bisnis dan kelas ekonomi.

 

Kelas ini memberikan ukuran bangku yang lebih besar dibandingkan dengan bangku kelas ekonomi, bahkan beberapa maskapai menggunakan bangku bisnis pada kelas ini. Tempat duduk yang dapat disandarkan ke belakang, arm rest yang lebih lebar membuat Anda tak perlu bersenggolan lagi dengan penumpang sebelah dan merasa akward, serta ruang kaki yang lebih besar membuat Anda dapat berselonjor dengan nyaman tanpa harus takut menendang kursi penumpang di depan Anda.  Istirahat pun semakin nyaman.

 

Selain dari tempat duduk yang lebih nyaman, Anda juga bisa mendapatkan makanan yang lebih enak (premium meals), pelayananan yang lebih baik dari pramugari yang khusus melayani kelas  premium economy.

 

Kelas ini biasanya dapat Anda jumpai pada penerbangan internasional.

 

Nyaman untuk Penumpang, Menguntungkan untuk Maskapai

Dengan adanya kelas hybrid antara bisnis dan ekonomi ini, bukan hanya penumpang yang diuntungkan namun juga maskapai – harganya berkisar 10 – 20% dari tiket ekonomi – karena itu semakin banyak maskapai yang membuka kelas premium economy. Beberapa maskapai yang sudah membuka kelas seperti ini adalah Singapore Airlines, Qantas, Lufthansa, Air New Zealand, Cathay Pacific, Virgin Atlantic, dan banyak lagi.

 

Lain kali, jika Anda ingin berpergian dengan nyaman namun tanpa harus mengeluarkan uang sebanyak harga tiket bisnis kelas premium ekonomi ini bisa Anda coba. Sedikit lebih mahal dari ekonomi namun Anda sudah mendapatkan value kelas bisnis.

Share This:
POST TAGS:

joe@corporatetravel.id

Johanes (Joe) Chang is a corporate travel enthusiast and a serial entrepreneur. He has more than 20 years of experiences in fast growing and dynamic industries with multicultural environment such as travel, hospitality, and tourism, e-commerce, and emerging technologies. He is the founder of Biztrips, CorporateTravel.ID, and Indonesia Corporate Travel Community / Forum / Workshop / Talk. (https://www.linkedin.com/in/johaneschang/)

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT

*